Menteri Siti Nurbaya: Manggala Agni Sangat Pantas Disebut Patriot

Menteri Siti Nurbaya: Manggala Agni Sangat Pantas Disebut Patriot
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar memberikan penghargaan kepada Manggala Agni saat membuka Rakor Strategi Pengendalian Karhutla Tingkat Daerah Operasi di Jakarta, Kamis (19/12). Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Brigade Manggala Agni, selalu menjadi garda terdepan berjibaku bertaruh nyawa mengendalikan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Atas jasa, pengabdian dan keberanian, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyebut mereka sebagai patriot Indonesia.

“Saya sengaja mengundang pasukan Manggala Agni dari seluruh Indonesia, untuk menyampaikan rasa bangga dan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasinya. Saya mau nangis rasanya mengingat masa-masa sulit yang kita hadapi di lapangan, di 2015 dan juga 2019. Meski 2019 tidak terlalu berat dibanding 2015, namun dalam pergumulan politik dan interaksi publiknya di 2019 cukup berat,” ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar ketika membuka Rapat Koordinasi Strategi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tingkat Daerah Operasi (Daops) di Jakarta, Kamis (19/12).

Pertemuan ini sengaja untuk saling berinteraksi, berbagi pengalaman, dan mendapatkan catatan langsung untuk perbaikan penanganan Karhutla di tingkat tapak. Karena, kata Menteri Siti, Karhutla bukan persoalan yang bisa diselesaikan sebatas laporan di atas meja atau saling klaim data di ruang publik, tetapi yang terpenting adalah kerja nyata di lapangan.

Dengan begitu beratnya tugas dan tanggung jawab, bagi Menteri Siti, Manggala Agni layak disebut sebagai patriot Indonesia. Karena menghadapi karhutla termasuk menjaga reputasi bangsa, dan harga diri Indonesia.

“Karena itu, Anda semua Manggala Agni, sangat pantas disebut Patriot. Arti patriot, yaitu cinta kepada bangsa dan negara lebih dari dari dirinya sendiri, rela berkorban jiwa raga, bahkan harta benda bagi negara. Kerja keras luar biasa. Anda semua menjaga keharuman nama Bangsa. Itulah patriot. Bukan sebaliknya, memakai data ngarang untuk menjatuhkan nama Bangsa," tegas Menteri Siti.

Menteri Siti mengaku setiap hari mengikuti kerja keras dan pengorbanan Manggala Agni berjibaku mengendalikan titik api. Karenanya salah satu fokus perhatian adalah memperjuangkan status kepegawaian Manggala Agni.

"Saya telah berkomunikasi dan meminta perhatian dari MenPANRB agar Manggala Agni ini bisa menjadi jabatan fungsional Pegawai Negeri Sipil seperti Polisi Kehutanan atau Penyuluh Ekosistem Hutan, dan lain-lain. Saat ini terdapat 1.875 personel Manggala Agni di Seluruh Indonesia. Pak Sekjen sedang mempersiapkan itu, dan saya minta bulan Januari sudah harus ada berita yang pasti soal ini,” tegas Menteri Siti.

Solid dan Tetap Waspada

Brigade Pengendalian Karhutla, Manggala Agni KLHK saat ini tersebar di 11 Provinsi di Indonesia, dari wilayah Sumatera hingga Sulawesi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News