Menteri Siti Tinjau Kesiapan Lokasi Kunker Pak Jokowi

Menteri Siti Tinjau Kesiapan Lokasi Kunker Pak Jokowi
Menteri Siti Nurbaya meninjau kesiapan lokasi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo. Foto: KLHK

jpnn.com, TUBAN - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya meninjau lokasi yang akan didatangi Presiden Joko Widodo dalam rangka Panen Raya Jagung di areal Perhutanan Sosial di Desa Ngimbang, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Menurut Siti Nurbaya pemilihan lokasi di areal Kelompok Tani Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Ngimbang Makmur Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tuban, yang mengembangkan pola tumpangsari tanaman jati dan jagung, dinilai sangat tepat. Di mana konsep Perhutanan Sosial terlihat jelas.

Dapat disaksikan tanaman kayu dan tanaman semusim tumbuh bersamaan. “Mudah-mudahan ini menjadi contoh yang baik,” kata Siti.

Siti Nurbaya menjelaskan, di lokasi ini Jokowi akan melakukan beberapa agenda, yakni Panen Raya Jagung, menyaksikan pola tumpangsari jagung dan tanaman jati, menyaksikan penjarangan tanaman jati, dan Menyerahkan Surat Keputusan (SK) Perhutanan Sosial, pada Jumat (9/3) pagi.

Setelah panen raya jagung, presiden akan menyaksikan di sela-sela tanaman jati dan tanaman jagung yang akan dipanen, sudah ditanam lagi tanaman jagung baru (tanam sisip), berumur kira-kira 2 – 3 minggu.

Setelah panen dan menyaksikan tanaman jagung, Jokowi diminta menyaksikan dan memberikan contoh penjarangan pohon jati di depan blok jagung pada areal seluas 7-8 ha.

Siti Nurbaya menambahkan, presiden juga akan menyerahkan SK Perhutanan Sosial kepada 13 kelompok tani hutan. Dua kelompok tani hutan dari Bojonegoro sebanyak 2 SK dengan luas 1.494,2 Ha sejumlah 1.342 KK.

Kemudian 3 SK bagi kelompok tani hutan dari Blitar sebanyak 3 SK dengan luas 1.399,6 Ha sejumlah 1.284 KK. Bersamaan dengan itu juga penyerahan SK Perhutanan Sosial bagi petani hutan dari kabupaten Malang sebanyak 8 SK dengan luas 6.092 Ha sejumlah 6.517 KK. Total yang diserahkan 8.975,8 Ha bagi Kelompok/LMDH sebanyak 9.143 KK.

Jokowi akan melakukan beberapa agenda di Tuban di antaranya Panen Raya Jagung serta menyaksikan pola tumpangsari jagung dan tanaman jati.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News