Menteri Siti Tinjau Stasiun Senen untuk Pastikan Pengelolaan Sampah Sesuai Standar

Menteri Siti Tinjau Stasiun Senen untuk Pastikan Pengelolaan Sampah Sesuai Standar
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya saat meninjau Stasiun Kereta Pasar Senen pada Selasa (26/4). Foto: dok KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya meninjau kesiapan pengolaan sampah di Stasiun Kereta Pasar Senen dan Pelabuhan Tanjung Priok pada Selasa (26/4) pagi.

Pengolaan sampah itu sesuai surat edaran (SE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Menteri LHK Nomor SE.3/MENLHK/PSLB3/PLB.0/4/2022 tentang Pengelolaan Sampah dalam Rangka Mudik Lebaran.

SE itu bertujuan untuk memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dalam melaksanakan pengurangan dan penananganan sampah guna mengurangi timbulan sampah ke TPA (Tempat Pemrosesan Akhir).

SE tersebut juga dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi publik dalam upaya penanganan sampah melalui kebijakan mudik minim sampah dan memperkuat komitmen penanganan sampah mudik.

Menteri Siti memastikan kesiapan pemerintah daerah untuk terus melaksanakan upaya pengelolaan sampah secara maksimal.

Dirinya menyampaikan bahwa KLHK ingin memastikan kesiapan fasilitas publik dalam antisipasi dampak sampah selama mudik hari raya.

Sebagai salah satu upaya untuk mengantisipiasi timbulan sampah, KLHK menyerahkan bantuan berupa sarana dan prasarana tempat sampah terpilah.

Selain itu, KLHK juga meminta kepada pengelola fasilitas publik seperti stasiun, terminal, rest area, pelabuhan, bandara, dan sebagainya untuk menyediakan sarana dan prasarana tempat sampah termasuk edukasi kepada publik untuk bertanggung jawab terhadap sampah yang ditimbulkan.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya meninjau kesiapan pengolaan sampah di Stasiun Kereta Pasar Senen pada Selasa (26/4).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News