Wamen LHK Alue Dohong Pimpin Aksi Bersih Pantai, Nih Tujuannya

Wamen LHK Alue Dohong Pimpin Aksi Bersih Pantai, Nih Tujuannya
Wamen LHK Aloe Dohong (tengah), Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Sigit Reliantoro (kiri), dan Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Laksmi Dhewanthi saat menjawab wartawan pada aksi bersih pantai di kawasan Pantai Tanjung Pasir, Tangerang, Provinsi Banten, Sabtu (12/3/2022). Foto: Humas KLHK

jpnn.com - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong memimpin kegiatan bersih pantai atau coastal clean up di kawasan Pantai Tanjung Pasir, Tangerang, Provinsi Banten, Sabtu (12/3/2022).

Kegiatan ini merupakan rangkaian agenda Peringatan Hari Bakti Rimbawan Tahun 2022 sekaligus menyongsong Presidensi G20 Indonesia.

"Kegiatan bersih pantai ini merupakan bagian upaya kita menumbuhkan kesadaran semua pihak, supaya terus membersihkan pantai kita agar bebas dari polusi plastik dan polutan lain," kata Wamen Alue.

Menurut Wamen Alue Dohong, KLHK melakukan pemantauan sampah laut pada tahun 2021 yant dilaksanakan di 23 provinsi, 24 Kabupaten/kota dan 46 pantai.

Berdasarkan hasil analisis data pemantauan, sampah yang paling banyak dijumpai dan memiliki kepadatan tertinggi dari semua lokasi pada tahun 2021 berasal dari jenis plastik sebesar 44 persen.

Sampah kedua terbanyak jenis kaca dan keramik sebesar 15 persen

Lebih lanjut, Wamen Alue Dohong menegaskan upaya penanganan sampah seperti ini tidak hanya parsial dan dilakukan saat ini saja. Harapannya terus-menerus dilakukan sehingga menjadi sebuah gerakan nasional.

Wamen Alue Dohong juga menyampaikan bahwa sampah yang bermuara di pesisir dan laut ini sekitar 80 persen berasal dari daratan.

Wamen LHK Alue Dohong memimpin kegiatan bersih pantai atau coastal clean up di kawasan Pantai Tanjung Pasir, Tangerang, nih tujuannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News