Menteri Syahrul Puji Sosok Eksportir Milenial asal Kaltara, Siapakah Dia?

Menteri Syahrul Puji Sosok Eksportir Milenial asal Kaltara, Siapakah Dia?
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di acara pelepasan ekspor ekspor 28 ton lada milik eksportir milenial Kaltara ke Vietnam, Sabtu (11/9). Foto: Benuanta

jpnn.com, TARAKAN - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor 28 ton lada ke vietnam, Sabtu (11/9).

Dia memuji sosok anak muda di balik keberhasilan ekspor tersebut.

Sosok itu adalah Anya Mandalika (24), eksportir milenial asal Kalimantan Utara (Kaltara).

"Potensi produk pertanian berorientasi ekspor di Kaltara masih sangat terbuka lebar. Saatnya yang muda dengan kemampuan digital memanfaatkannya,” kata Menteri Syahrul di Tarakan, Kaltara.

Dia menyampaikan, Kementerian Pertanian (Kementan) terus bergerak mencetak pelaku agribisnis, termasuk eksportir pertanian berusia muda, sebagai bagian dari upaya peningkatan ekspor melalui Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor Pertanian (Gratieks).

Penguatan peran pelaku usaha muda atau generasi milenial di seluruh Indonesia ini dimaksudkan mendorong percepatan ekspor dengan fasilitasi layanan, pendampingan teknis persyaratan ekspor serta membuka akses pasar.

Dari data IQFAST di Barantan, saat ini Kaltara memiliki 4 komoditas unggulan ekspor pertanian, yaitu kakao biji, palm kernel, kulit kayu bakau dan lada biji.

Ke-4 komoditas ini telah difasilitasi agar memenuhi persyaratan teknis ekspor enam negara tujuan oleh Kementan melalui Karantina Pertanian Tarakan, yaitu Nepal, Malaysia, Singapura, Filipina, Tiongkok dan Vietnam.

Kementerian Pertanian di bawah komando Syahrul Yasin Limpo terus bergerak mencetak eksportir milienal melalui Gratieks.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News