Menteri SYL: Petani Milenal Kuat, Pertanian Papua akan Melesat

Menteri SYL: Petani Milenal Kuat, Pertanian Papua akan Melesat
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi bersama petani milenial yang mengikuti pelatihan kewirausahaan di Sorong, Senin (4/10). Foto: Kementan

jpnn.com, SORONG - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan Kementan telah menetapkan arah kebijakan pembangunan pertanian, yaitu pertanian maju, mandiri dan modern.

"Arah kebijakan ini menjadi pedoman bagi kita semua untuk bertindak cepat, cermat dan akurat bagi jajaran Kementerian Pertanian dalam mencapai kinerja yang lebih baik," kata Mentan SYL saat membuka 'Pelatihan Kewirausahaan Petani Milenial Sorong', Senin (4/10).

Dia berharap pelatihan ini dapat mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki dengan memanfaatkan teknologi mutakhir melalui optimalisasi peran petani dan penyuluh dalam pencapaian program swasembada pangan sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Tak hanya itu, Mentan SYL juga berharap melalui pelatihan dalam penerapan teknologi pertanian yang direkomendasikan ini dapat mendorong petani milenial menjadi unggul, profesionalisme dan berdaya saing dalam mengembangkan usahanya.

"Penumbuhan petani milenial harus terus didorong secara massif dengan mengoptimalkan peran petani milenial," jelasnya.

Di era teknologi saat ini, Mentan SYL juga mengajak SDM pertanian untuk mampu menyesuaikan program pelatihan yang berbasis IT, sehingga dapat memotivasi para milenial bidang pertanian untuk terus menekuni usahanya.

Kesejahteraan petani harus menjadi perhatian sehingga memaksimalkan perannya melakukan proses produksi demi menjaga stabilitas pangan nasional termasuk di wilayah Papua.

"Pertanian Papua akan melesat bila petani milenial kuat," tegas Mentan SYL.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mendorong petani milenial termotivasi menekuni usahanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News