Menteri Yuddy Minta Diklat PNS Jangan Sekadar Rutinitas

Menteri Yuddy Minta Diklat PNS Jangan Sekadar Rutinitas
PNS. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA‎--MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi mengimbau agar pendidikan dan latihan (Diklat) yang diselenggarakan Lembaga Administrasi Negara (LAN) untuk pegawai aparatur sipil negara (ASN) lebih bermakna. Diklat yang bersifat rutinitas harus mulai ditinggalkan, dan pejabat lulusan LAN benar-benar sesuai kebutuhan.

Dengan demikian,  nantinya tidak ada pejabat yang sudah lulus Diklatpim LAN tidak menduduki jabatan karena saat masuk diklat tidak diseleksi terlebih dahulu.

“Pelatihan jangan lagi hanya sebagai rutinitas belaka, melainkan harus ada ruh yang mampu mendorong ASN memiliki reform action sehingga membuatnya menjadi agen perubahan sebagaimana yang diamanatkan di dalam Nawacita pada pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla,” jelas Yuddy ketika membuka agenda Diklat Kepemimpinan Reformasi Birokrasi yang diadakan di Auditorium Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara (STIAN) di Pejompongan, Jakarta, Senin (27/7).

‎Dalam diklat yang diselenggarakan atas kerja sama LAN dan Civil Service Singapore(Temasek Foundation) itu, Yuddy berpesan agar para peserta menjalani pelatihan dengan sungguh-sungguh.

Diharapkan nantinya para peserta diklat akan memiliki semangat bersikap jujur, amanah, dan berintegritas dalam mendukung pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang profesional dan berkelas dunia.

“Pagi ini saya membaca sebuah berita di sebuah media nasional, yang memberitakan bahwa saat ini tengah terjadi kenaikan optimisme dan tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja pemerintah. Hal ini merupakan buah dari komunikasi yang baik dengan masyarakat dalam mengimplementasikan kebijakan pemerintahan," ujar Yuddy.

Dia menambahkan bahwa dengan meningkatnya dua hal tersebut, maka akan mendorong terciptanya prasarana pemerintah yang mendukung pembangunan ekonomi di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Yuddy mengapresiasi inisiatif Temasek Foundation untuk memberikan transfer of knowledgemengenai tata kelola pemerintahan yang unggul kepada ASN di Indonesia. Yuddy merasa yakin bahwa kerja sama tersebut akan menghasilkan dampak yang positif terhadap reformasi birokrasi di negeri ini.

JAKARTA‎--MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi mengimbau agar pendidikan dan latihan (Diklat) yang diselenggarakan Lembaga Administrasi Negara (LAN) untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News