Menu Paling Mewah Ikan Sarden

Ditulis Oleh Wartawan Kaltim Pos Thomas D Priyandoko

Menu Paling Mewah Ikan Sarden
Para korban gempa di Kampung Babakan Ranca, Desa Tarumaju, Kertasari, Kabupaten Bandung, saat berkumpul Sabtu (12/9) lalu. Foto: Istimewa.
Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah melakukan buka puasa bersama dengan pengungsi korban gempa bumi di desa Babakan Ranca, Bandung Selatan, Jawa Barat. Inilah saat kali pertama setelah sepuluh hari  mengungsi, warga merasakan menu buka puasa paling enak. Meski, masih tetap saja pembagian jatahnya dengan nasi bungkus....

Rian, 24 tahun, tak pernah membayangkan akan menjalani Puasa Ramadhan ditengah pengungsian. Serba pas-pasan dan apa adanya. Sekalipun begitu, ia mengaku bisa mensyukuri. Karena, semua itu bisa ia dapatkan tanpa harus saling berebut. "Di sini, semua pasti kebagian. Persediaan cukup," kata Rian dengan mata berlinang. Jumlah makanan yang terbatas, membuat Rian mengaku  tak pernah makan  kenyang.

Maklum,  di pengungsian Rian ada sekitar 656 orang pengungsi lainnya, yang juga mengharapkan bantuan makan yang sama. Rian adalah satu dari ratusan wargai Kampung Babakan Ranca, desa Tarumajaya, Kertasari, kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sebenarnya, hidup pas-pasan sudah menjadi keseharian bagi Rian. Namun, suasana di bulan ramadhan biasanya selalu bersahaja. "Suasananya selalu beda dan menyenangkan. Dan yang paling penting, bisa makan kenyang," ujarnya berseloroh.

Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah melakukan buka puasa bersama dengan pengungsi korban gempa bumi di desa Babakan Ranca, Bandung Selatan, Jawa Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News