Menunggu Hari Terakhir, Jokowi Ogah Bicara

Menunggu Hari Terakhir, Jokowi Ogah Bicara
Presiden Joko Widodo. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - BOGOR - Saat ditanya soal persiapan di hari terakhir pendaftaran pilkada serentak di beberapa daerah, Presiden Joko Widodo enggan menjawab. Terutama mengenai solusi pemerintah jika masih ada daerah yang hanya memiliki calon tunggal kepala daerah. Pria yang akrab disapa Jokowi itu hanya menyatakan pihaknya menunggu hasil akhir dari perpanjangan waktu yang diberikan KPU pada 7 daerah.

"Ditunggu sampai terakhir. Kamu jangan tanya dulu sampai perpanjangan ini selesai. Ditunggu saja," ujar Jokowi pada awak media massa di kompleks Istana Bogor, Selasa (11/8).

Saat ini baru dua wilayah yang menambahkan calon untuk mendaftar di pilkada serentak. Yaitu Surabaya dan Pacitan. Sementara itu, 5 wilayah lain seperti Tasikmalaya, Blitar, Mataram, Samarinda, dan Timor Tengah Utara belum mendaftar. 

Jokowi enggan menyebutkan antisipasi pemerintah sampai menunggu langkah lima wilayah itu di hari terakhir perpanjangan waktu pada Rabu (12/8).

"Ditunggu dulu. Nanti, nanti setelah ini selesai pendaftaran, setelah perpanjangan baru kami bicara," imbuh Jokowi.

Sebagaimana diberitakan, pemerintah pekan lalu telah memperpanjang waktu pendaftaran pilkada serentak untuk 7 daerah yang masih memiliki calon tunggal. Itu adalah perpanjangan waktu yang kedua, setelah sebelumnya berakhir pada 3 Agustus lalu dan menyisakan 7 daerah. 

Pemerintah sudah menyiapkan perppu untuk masalah itu, tapi Jokowi tegas menolak menerbitkannya karena kondisi dianggap belum cukup genting saat ini. (flo/jpnn)

BOGOR - Saat ditanya soal persiapan di hari terakhir pendaftaran pilkada serentak di beberapa daerah, Presiden Joko Widodo enggan menjawab. Terutama


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News