Menurut Asrinaldi, yang Dialami Ganjar Pranowo Mirip SBY

Selasa, 15 Juni 2021 – 20:39 WIB
Menurut Asrinaldi, yang Dialami Ganjar Pranowo Mirip SBY - JPNN.com
Politikus PDI Perjuangan Ganjar Pranowo. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo menempati posisi teratas calon presiden 2024 pilihan milenial dan Gen Z.

Pengamat politik dari Universitas Andalas Asrinaldi mengatakan, melejitnya elektabilitas Ganjar merupakan efek dari perbuatan elite PDIP terhadap gubernur Jawa Tengah itu.

"Ini efek dari perilaku elite PDIP terhadap Ganjar yang secara politik dikesampingkan," kata Asrinaldi saat dihubungi JPNN.com, Selasa (15/6).

Dosen Ilmu Politik Universitas Andalas itu menyebutkan tindakan Ganjar yang tidak merespons pernyataan-pernyataan para elite PDIP seperti Bambang Pacul itu membuat masyarakat simpati dengannya. 

Hal ini, lanjutnya, sama seperti ketika Susilo Bambang Yudhoyono yang tidak menunjukkan perlawanan saat "berkonflik" dengan Megawati Soekarnoputri jelang Pilpres 2004.

"Posisi Ganjar yang menerima dan tidak melawan. Sikap Ganjar yang santun, menunjukkan kerja, dan pandai menggunakan media itu berefek positif," lanjut pria bergelar doktor ilmu politik itu. 

Pria yang akrab disapa dengan Al itu menyebutkan, status Ganjar Pranowo yang merupakan kader partai membuat dirinya diuntungkan dibandingkan sosok Ridwan Kamil dan Anies Baswedan. 

"Posisi Ganjar yang memang kader tulen membawa efek positif," jelasnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...