Menurut Brigjen Rusdiyanto, 4.120 Personel Brimob Terlatih Siap Diterjunkan

Menurut Brigjen Rusdiyanto, 4.120 Personel Brimob Terlatih Siap Diterjunkan
Korbrimob Polri dan Pusdokkes Mabes Polri menggelar apel siaga DVI di Lapangan Satlar Korbrimob Polri, Cikeas, Jawa Barat, Senin (14/12/2020), dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam yang terjadi di Indonesia. (ANTARA/ HO-Polri)

jpnn.com, JAKARTA - Mabes Polri menyiapkan sebanyak 4.120 personel Korps Brigade Mobil (Korbrimob) terlatih dalam bidang Disaster Victim Identification (DVI) yang siap untuk diterjunkan sewaktu-waktu saat terjadi bencana alam.

Kepala Pusdokkes Mabes Polri Brigjen Pol Dr. dr. Rusdiyanto mengatakan, persiapan itu dilakukan karena Indonesia merupakan negara yang diapit dua samudera dan dua benua, serta dikelilingi gunung-gunung yang memiliki potensi bencana alam.

"Di bumi kita terdapat lempengan-lempengan akan bergeser dan bergerak membuat gempa bumi dan tsunami seperti di Aceh. Untuk itu, kita wajib mengantisipasi adanya bencana-bencana tersebut," kata Brigjen Rusdiyanto melalui siaran pers di Jakarta, Selasa (15/12) dini hari.

Pernyataan itu disampaikan Brigjen Rusdiyanto saat Korbrimob Polri dan Pusat Kedokteran dan Kesehatan Mabes Polri menggelar apel siaga Disaster Victim Identification (DVI) di Lapangan Satlar Korbrimob Polri, Cikeas, Jawa Barat.

Indonesia saat sedang dilanda fenomena La Nina yang diprediksi berlangsung dari Oktober 2020 hingga Maret 2021.

Fenomena ini menyebabkan peningkatan curah hujan yang terjadi di tanah air sehingga mengakibatkan rawan bencana berupa banjir bandang hingga tanah longsor.

"Korbrimob Polri bertugas untuk mengidentifikasi korban-korban bencana alam, terutama di fase pertama. Fase pertama ini penanganan langsung di tempat kejadian perkara," jelas Rusdiyanto.

Dia berpesan kepada seluruh anggota Korbrimob Polri dan Pusdokkes Polri untuk berkoordinasi dan komunikasi dengan pemerintah daerah maupun TNI dalam penanggulangan bencana.

Pernyataan itu disampaikan Brigjen Rusdiyanto apel siaga Disaster Victim Identification (DVI) di Lapangan Satlar Korbrimob Polri, Cikeas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News