Menyulap Garasi Meracik Donat, Omzet Rp 10 per Juta Bulan

Menyulap Garasi Meracik Donat, Omzet Rp 10 per Juta Bulan
Owner Muna Food, Endah Kurnianingsih menunjukkan sejumlah produknya. Foto: Agung/Radar Depok

jpnn.com, DEPOK - Rumah milik Endah Kurnianingsih di Komplek Poinmas Rangkapan Jaya, Pancoranmas, Kota Depok selalu wangi adonan roti. Di garasi mobil rumahnya, tampak sibuk sejumlah ibu-ibu yang hilir mudik.

M. Agung HR, Radar Depok

Aneh. Garasi yang seharusnya diisi kendaraan dengan bau asap menyengat, berubah menjadi beraroma roti, bahan dasar donat dan piza racikan. Endah, perempuan kelahiran Purwokerto 25 Agustus 1971 itu merintis usaha pembuatan kue dengan label Muna Food.

Dia mengaku, lahan yang dimiliki terbatas, akhirnya menyulap garasi mobil menjadi tempat produksi kue, khususnya donat. “Ini tadinya garasi, saya ubah jadi dapur Roti Muna. Sudah saya rintis sejak 2016, walaupun awalnya saya membuka usaha tempe cokelat atau pecok,” tutur Endah kepada Radar Depok.

Kemudian, karena sangat berat mengedukasi produk Pecok ke masyarakat, akhirnya Endah beralih memproduksi roti. Dari berbagai macam varian, ternyata donat itu leading sampai akhirnya ia berpikir bagaimana orang bisa makan donat setiap saat. “Mudah dan tersedia di kulkas, akhirnya saya frozen-kan. Kalau terhitungnya di bisnis makanan ini dari 2014,” ucap istri dari Martono ini.

Alasan pemberian nama Muna pada label produknya, Endah mengatakan bahwa muna itu bahasa Arab yang artinya cita-cita atau keinginan yang kuat. Di samping itu anak pertamanya juga diberi nama Muna. Dari sinilah ia klop-kan menjadi sebuah ladang usaha. Saat ini Endah dikaruniai empat orang anak yaitu, Muna Sofia (22), Muhammad Ali Azmi (20), Muhammad Ziyad Alfikri (16), dan Nafis Abdul Rahman (12).

“Yang diporduksi saat ini adalah donat, roti manis, piza, donat ready to eat atau frozen, dan snack. Dalam satu hari bahan baku donat bisa 400 pcs,” kata Endah.

Donat yang dia bikin adalah donat lain dari yang lain. Berbahan dasar susu cair, yang sebelumnya harus dibekukan terlebih dahulu. Karena menurutnya, jika tidak dibekukan pengiriman akan penyok. Dikirim dalam kondisi beku, sampai tujuan masih bagus kondisinya.

Nama Muna Food pada label produknya berasal dari bahasa Arab, Muna, yang artinya cita-cita atau keinginan yang kuat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News