Merasa Terharu, Menteri Teten: Disabilitas Bukan Halangan Menjadi Wirausaha

Merasa Terharu, Menteri Teten: Disabilitas Bukan Halangan Menjadi Wirausaha
Menkop UKM Teten Masduki didampingi Deputi BPSDM Arif Rahman Hakim di acara Pelatihan Wirausaha Berbasis Kuliner Sahabat Tuli di Jakarta, sabtu (5/9).

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan keterbatasan fisik bukanlah halangan bagi seseorang untuk maju dan berkembang menjadi wirausaha.

Hal ini disampaikan Teten pada penutupan Program Wirausaha Berbasis Kuliner Sahabat Tuli yang diselenggarakan Perempuan Tangguh Indonesia (PTI) di Jakarta, Sabtu (5/9).

Pada kesempatan itu, Teten mengaku bangga jika penyandang disabilitas bisa mandiri dan menjadi seorang wirausaha. Kementerian Koperasi dan UKM pun siap membantu antara lain melalui dukungan pelatihan ketrampilan, model bisnis, pembiayaan, dan digitalisasi pasar,

"Saya terharu dan memberikan dukungan pada teman-teman Sahabat Tuli untuk menjadi entrepreneur dan akan saya siapkan modal untuk itu. Kita semua adalah sama. Disabilitas bukanlah halangan bagi seseorang untuk bisa maju dan berusaha. Apalagi di zaman sekarang kita bisa memanfaatkan IT dan sarana pendukung lainnya," kata menteri asal Garut, Jawa Barat ini.

Ali (23), salah seorang peserta pelatihan penyandang disabilitas tuna rungu mengaku senang mendapatkan pelatihan bagaimana menjalankan usaha bakery. Dia pun berencana memulai wirausaha setelah mendapatkan keterampilan membuat kue.

"Saya seorang barista (peracik kopi) dan pintar membuat sambal. Kursus usaha bakery ini sangat bagus untuk melengkapi cita-cita saya mendirikan cafe yang dilengkapi kue sebagai pelengkap. Namun saya terkendala modal untuk membuka usaha ini," ungkap Ali.

Saat itu, Menteri Teten juga memberikan apresiasi kepada Perempuan Tangguh Indonesia (PTI) sebagai yayasan yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan, pendidikan, pembangunan, dan penguatan ekonomi kerakyatan melalui UMKM.

"Pemerintah sadar tidak bisa sendirian dalam mengembangkan UMKM. Karena itu peran swasta maupun komunitas-komunitas seperti PTI ini sangatlah membantu pemberdayaan UMKM," ujar mantan Kepala Staf Kepresidenan ini.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki hadir di tengah-tengah pelaku wirausaha penyandang disabilitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News