Meriahnya Jambore Sepeda Tua

Meriahnya Jambore Sepeda Tua
Suasana jambore sepeda tua di Surabaya. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Jambore sepeda tua yang diadakan di Gelora 10 November Surabaya kemarin (7/5) berlangsung meriah. Tak hanya sepedanya, tetapi juga dandanan para pengendara. Beberapa mengenakan pernik-pernik bertema nasionalisme. Ada yang berjarit sebagai lambang budaya. Ada yang membawa senapan sebagai atribut perang.

Dimulai dari Stadion Gelora 10 November, para pesepeda mulai menggowes sekitar pukul 07.00. Mereka melewati Tambak Wedi Baru, lantas berputar balik menuju Nambangan, lalu melewati Jembatan Surabaya untuk kembali ke lokasi keberangkatan.

Suasana riuh pun mengikuti sepanjang perjalanan. Beberapa pengendara menaruh sound system dengan suara menggelegar di boncengan. Bahkan, ada yang sengaja memodifikasi sepeda hingga bisa membawa sound system berukuran besar. Tak jarang mereka bersepeda sambil menggoyangkan lengan dan badannya.

Para pengendara itu tidak hanya berasal dari Surabaya. Mereka merupakan para anggota komunitas sepeda tua dari berbagai wilayah. Ada yang berasal dari Jember, Jombang, Mojokerto, Sidoarjo, Gresik, dan sebagainya.

Sebagian besar datang ke Surabaya sejak Sabtu. Sebagian besar naik mobil dan truk. Namun, juga tak sedikit yang menggowes sepeda dari kota asalnya. ''Kami berenam naik sepeda dari Jombang. Berangkatnya kemarin (Sabtu, Red) jam 09.00," jelas Riska Onthelista, salah seorang pesepeda. 

Sepanjang perjalanan, mereka beberapa kali mampir ke base camp komunitas lain hingga baru tiba di Gelora 10 November sekitar pukul 23.00.

Rupanya bukan hanya orang dewasa yang ingin terlibat dalam acara Jambore Sepeda Tua kali ini. Anak-anak pun terlihat bersemangat mengayuh sepeda. Salah seorang adalah Angelina Queen. 

Bocah 5 tahun itu datang bersama orang tua dan dua kakak lelakinya. Mengenakan seragam tentara lengkap dengan aksesori penyamaran, Angelina turut menggowes sepeda menempuh jarak sekitar 23 kilometer.

Jambore sepeda tua yang diadakan di Gelora 10 November Surabaya kemarin (7/5) berlangsung meriah. Tak hanya sepedanya, tetapi juga dandanan para

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News