Fly Over Kampunglalang Ditunda, Kebut Proyek Tol Medan-Binjai Tahun Ini

Fly Over Kampunglalang Ditunda, Kebut Proyek Tol Medan-Binjai Tahun Ini
Jalan tol Trans Sumatera Medan-Binjai. Foto: setkab.go.id

jpnn.com, MEDAN - Keinginan pembangunan Fly Over Kampunglalang yang dimohonkan Pemko Medan, tidak akan bisa terealisasi dalam waktu dekat ini.

Hal itu dikarenakan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), ingin mengebut penyelesaian pembangunan jalan tol Medan-Binjai pada tahun ini.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Medan, Wiriya Alrahman, mengatakan sejauh ini pihaknya belum ada lagi mendengar kabar kelanjutan pembangunan proyek Fly Over Kampunglalang itu.

"Sampai saat ini memang ada penundaan, informasinya untuk mengejar pekerjaan tol Medan-Binjai. Karena kalau itu (tol Medan-Binjai) tempo hari tidak jadi, maka Fly Over Kampunglalang lah yang difokuskan," ujarnya kepada Sumut Pos (Jawa Pos Group), Minggu (7/5).

Menurut Wiriya, sesuai target pemerintah pusat, pembangunan ruas jalan tol Medan-Binjai dan Medan-Kualanamu-Tebingtinggi, jadi prioritas untuk dituntaskan tahun ini. Setidaknya pada saat lebaran nanti, masyarakat sudah bisa merasakan dampak dari pembangunan tersebut.

"Apalagi Presiden Jokowi kan sudah katakan dalam beberapa waktu yang lalu, bahwa ruas jalan tol tersebut (Medan-Binjai dan Medan-KNIA-Tebingtinggi), menjadi di antara ruas tol yang bisa dilewati gratis oleh masyarakat di saat Lebaran nanti. Mungkin pelaksana proyek ingin merealisasikan amanah presiden ini," ungkapnya.

Mantan Kepala BPPT Kota Medan ini juga menambahkan, pertimbangan pemerintah pusat tidak melanjutkan perencanaan pembangunan Fly Over Kampunglalang saat ini, dikarenakan khawatir masyarakat yang memanfaatkan ruas tol Medan-Binjai nanti akan berkurang.

Sedangkan aspek lainnya, kata Wiriya, kehadiran tol Medan-Binjai akan dapat mengurai kemacetan di kawasan dari Kampunglalang sendiri.

Keinginan pembangunan Fly Over Kampunglalang yang dimohonkan Pemko Medan, tidak akan bisa terealisasi dalam waktu dekat ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News