Rabu, 22 Mei 2019 – 18:21 WIB

Merokok Picu Sinusitis

Selasa, 20 September 2011 – 12:02 WIB
Merokok Picu Sinusitis - JPNN.COM

TAHUKAH Anda bahwa selain penderita alergi, perokok paling rentan terkena sinusitis. Demikian disampaikan dokter Rumah Sakit Detasemen Kesehatan Tentara (RS DKT) Bandarlampung dr Virni Sagita.

Dipaparkan, saat merokok, hawa panas yang diisap dapat merangsang organ di sekitar hidung sehingga menimbulkan iritasi dan memperbesar kemungkinan timbulnya sinusitis. Sedangkan pada penderita alergi, perubahan temperatur dan kelembaban yang mencolok dapat mengakibatkan peradangan di dalam hidung yang mungkin merambat ke dalam sinus.

Virni melanjutkan, sinusitis sendiri merupakan peradangan pada rongga sinus paranasal sebagai akibat dari infeksi virus atau bakteri yang masuk melalui rongga hidung. Pada umunya ditandai dengan flu berkepanjangan, nyeri pada daerah wajah, sakit kepala, hidung tersumbat, dan ingus yang berbau. Tak hanya itu, gejala sinusitis lainnya adalah wajah pucat, perubahan warna pada ingus, hidung tersumbat, nyeri menelan, dan batuk.

Ditambahkan Virni, sinusitis juga terjadi bila terdapat gangguan pengaliran udara dari dan ke rongga sinus serta adanya gangguan pengeluaran cairan mukus. Adanya demam, flu, alergi, dan bahan-bahan iritan dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada ostia sehingga lubang drainase ini menjadi buntu dan mengganggu aliran udara sinus serta pengeluaran cairan mukus.

Penyebab lain dari buntunya ostia adalah tumor dan trauma. Drainase cairan mukus keluar dari rongga sinus juga bisa terhambat oleh pengentalan cairan mukus itu sendiri. Pengentalan ini terjadi akibat pemberiaan obat antihistamin, penyakit fibro kistik, dan lain-lain.

Sel penghasil mukus memiliki rambut halus (silia) yang selalu bergerak untuk mendorong cairan mukus keluar dari rongga sinus. Asap rokok merupakan biang kerok dari rusaknya rambut halus ini sehingga pengeluaran cairan mukus terganggu. Cairan mukus yang terakumulasi di rongga sinus dalam jangka waktu yang lama merupakan tempat yang nyaman bagi hidupnya bakteri, virus, serta jamur.

Untuk itu, jelasnya, upaya pencegahan untuk sinusitis adalah berhenti merokok, dan cepat berobat jika mengalami batuk atau filek. "Menghindari polusi serta udara dingin dan kering juga sangat diperlukan," tukasnya. (nui/c1/adi)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar