JPNN.com

Merokok Sambil Minum Kopi Dobel Bahayanya Bagi Jantung!

Senin, 24 Agustus 2020 – 09:55 WIB
Merokok Sambil Minum Kopi Dobel Bahayanya Bagi Jantung! - JPNN.com

jpnn.com - Kebiasaan minum kopi sudah sangat melekat pada kehidupan sehari-hari. Ketika sedang berkumpul bersama teman-teman atau keluarga di sebuah kafe misalnya, kopi kerap menjadi pesanan wajib untuk dinikmati.

Bagi para perokok, umumnya meneguk menu kopi, seperti latte atau cappuccino kurang nikmat bila belum ditemani sebatang rokok. 

Namun, tahukah Anda bahwa ada bahaya yang bisa mengancam kesehatan dari merokok sambil minum kopi?

Dampak Buruk Minum Kopi Sambil Merokok bagi Jantung

Walau kerap menjadi sebuah kombinasi yang tak terpisahkan, merokok sambil minum kopi dapat memengaruhi kesehatan jantung. 

Pada dasarnya, kopi dan rokok masing-masing bisa berpengaruh pada jantung. Keduanya dapat meningkatkan risiko kekakuan pada pembuluh darah yang dapat berkaitan dengan risiko penyakit jantung yang lebih besar.

“Kalau dikonsumsi bersamaan, bisa berbahaya bagi jantung. Ini karena kandungan nikotin dalam rokok bisa meningkatkan kerja jantung jadi lebih cepat, sedangkan kafein pada kopi pun sama. Lalu, keduanya juga bisa menimbulkan hipertensi,” jelas dr. Arina Heidyana.

Menurut penelitian oleh Charalambos Vlachopoulos, MD, dan beberapa peneliti lainnya dari Departemen Kardiologi Athens Medical School, Yunani, zat kafein dan rokok yang dikonsumsi berbarengan dapat berinteraksi dan menghasilkan efek negatif pada jantung.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy