Meski Dipangkas, Anggaran Kunker Tetap Besar

Meski Dipangkas, Anggaran Kunker Tetap Besar
Meski Dipangkas, Anggaran Kunker Tetap Besar
JAKARTA - Janji untuk memangkas anggaran perjalanan dinas kementerian dan lembaga, termasuk DPR sendiri, dalam RAPBN 2013 ternyata masih tetap menguntungkan DPR. Bila ditarik dalam konteks kunjungan kerja (kunker) ke luar negeri DPR, sekalipun sudah dipangkas 30"40 persen, usul anggarannya tetap lebih tinggi daripada anggaran kunker ke luar negeri 2012.

"Model persentase hanya akan memunculkan manipulasi dengan menaikkan anggaran dalam usul awal. Ketika belakangan dilakukan pemotongan, jumlahnya bisa sama dengan anggaran sebelumnya atau tetap lebih tinggi, seperti DPR ini," kata peneliti senior Indonesia Budget Center (IBC) Roy Salam di Jakarta kemarin (25/9).

Sebelumnya, IBC merilis pada 2013 DPR mengusulkan anggaran Rp 248,12 miliar untuk kunker ke luar negeri. Bila dibandingkan dengan anggaran kunker 2012 sebesar Rp 139,94 miliar, ada peningkatan sampai 77 persen.

Kalau dipotong sampai 40 persen dari usul awal itu, usul anggaran kunker ke luar negeri DPR menjadi Rp 148,8 miliar. Dengan kata lain, masih terjadi kenaikan anggaran sebesar Rp 8,86 miliar atau 6,3 persen.

JAKARTA - Janji untuk memangkas anggaran perjalanan dinas kementerian dan lembaga, termasuk DPR sendiri, dalam RAPBN 2013 ternyata masih tetap menguntungkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News