Meski Kalah, Meksiko Dampingi Uruguay

Meski Kalah, Meksiko Dampingi Uruguay
Pemain Uruguay, Diego Forlan (kiri), memeluk kapten tim Meksiko Gerardo Torrado, usai pertandingan antara kedua tim di laga terakhir grup A PD 2010. Foto: Reuters.
RUSTENBURG - Bermain di Stadion Royal Bafokeng, Rustenburg, Selasa (22/6) malam, Meksiko akhirnya harus kalah tipis dari negara sesama asal Benua Amerika, Uruguay. Gol semata wayang dari Luis Suarez yang dicetak pada menit ke-43 babak pertama, memastikan Uruguay sebagai juara grup A, sementara Meksiko duduk di posisi kedua.

Pada waktu yang bersamaan, sebenarnya tuan rumah Afsel yang menghadapi Prancis di Bloemfontein, juga sukses menang 2-1. Namun, kemenangan tipis itu tidak bisa mengangkat Bafana Bafana - julukan Afsel - untuk lolos ke babak 16 besar, karena kalah selisih gol dibanding Meksiko yang bernilai sama.

Di Bloemfontein sendiri, Afsel sudah membuka kemenangannya pada menit ke-20, lewat gol Bongani Khumalo. Selanjutnya, pada menit ke-37, keunggulan berhasil diperbesar oleh Katlego Mpela menjadi 2-0. Hanya saja di babak kedua, skor besar yang diharapkan - untuk bisa lolos - tak mampu dikejar oleh Afsel, serta malah kebobolan gol balasan yang diciptakan Florent Malouda (menit ke-70).

Hasil ini, bagi Afsel khususnya, membuat mereka menjadi tuan rumah pertama piala dunia yang tak lolos ke babak knock out. Hanya menang satu kali - kendati itu atas mantan juara dunia 1998 - kemudian sekali imbang dan sekali kalah, membuat mereka harus menjadi penonton dan tuan rumah yang baik saja mulai dari sekarang. Sementara bagi Prancis, hasil ini jelas makin memperburuk keadaan mereka, yang secara internal juga sudah kacau akibat konflik yang terutama melibatkan Nicolas Anelka dan pelatih Raymond Domenech.

RUSTENBURG - Bermain di Stadion Royal Bafokeng, Rustenburg, Selasa (22/6) malam, Meksiko akhirnya harus kalah tipis dari negara sesama asal Benua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News