Messi Pemain Terbaik Dunia

Messi Pemain Terbaik Dunia
Foto : AP
ZURICH - Lionel Messi berhasil menambah satu gelar bergengsi lagi sebelum menutup 2009. Setelah memenangi penghargaan Ballon d'Or musim ini sekaligus menjadi pemain Argentina pertama yang dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa, bomber Barcelona itu meraih gelar tertinggi individual sepak bola, yakni Pemain Terbaik Dunia versi FIFA (FIFA World Player of The Year), Selasa (22/12) dini hari.

 

Kemenangan Messi itu sesuai dengan prediksi yang berkembang sejak awal Desember lalu. Terbukti, dalam even yang digelar di markas FIFA di Zurich, Swiss, Messi mampu menyingkirkan empat unggulan lain dengan angka telak. Dalam pemilihan yang melibatkan pelatih dan kapten dari 147 negara anggota FIFA itu, dia mengumpulkan nilai 1073. Raihan itu jauh mengungguli rivalnya, Cristiano Ronaldo, yang menempati posisi runner-up dengan selisih 721 poin. Winger Real Madrid asal Portugal itu hanya memperoleh 352 poin.

 

Dua gelar prestisius tersebut melengkapi sukses individu Messi sepanjang tahun ini. Sebelumnya, dia juga meraih mahkota Pemain Terbaik Eropa versi UEFA. "Saya sangat gembira. Senang sekali bisa mendapat pengakuan dari kolega dan pelatih-pelatih timnas dari seluruh dunia. Itulah yang membuat gelar ini semakin krusial," ungkap Messi dalam wawancara khusus dengan FIFA yang dikutip situs resmi organisasi. Selain Ballon d?Or, Messi menjadi orang pertama asal Negeri Tango yang berhasil meraih gelar Pemain Terbaik Dunia versis FIFA.

 

Tahun 2009 memang tahun yang sempurna buat Messi. Bersama Barcelona, dia memenangi enam turnamen. Yakni, Liga Primera, Copa del Rey, dan Liga Champions. Sukses itu berlanjut dengan Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan terakhir Piala Dunia Antarklub. Di turnamen terakhir, dia juga merebut titel pemain terbaik.

 

ZURICH - Lionel Messi berhasil menambah satu gelar bergengsi lagi sebelum menutup 2009. Setelah memenangi penghargaan Ballon d'Or musim ini sekaligus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News