Meutya Hafid Sebut Medsos Berpotensi Pengaruhi Informasi Politik di Indonesia

Meutya Hafid Sebut Medsos Berpotensi Pengaruhi Informasi Politik di Indonesia
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid mengatakan peran digital, baik media massa maupun media sosial berpengaruh terhadap informasi politik Indonesia. Foto: Dok Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid mengatakan peran digital, baik media massa maupun media sosial, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap informasi politik.

Karena itu, Meutya Hafid mengatakan masyarakat harus pintar-pintar untuk mencerna informasi. Jangan sampai hanya dijadikan propaganda yang hanya menyulut emosi sesaat.

Hal itu disampaikan Meutya Hafid dalam “Dinamika Politik dan Populisme di Indonesia” bekerjasama dengan Kementerian Kominfo, Senin (23/5).

“Dinamika politik saat ini diwarnai dengan perkembangan digital atau media sosial, tantangannya adalah sosial media saat ini jauh lebih tajam, sebab itu perlu dicerna, dipahami dan jangan sampai dikendalikan oleh emosi," ucap Meutya.

Eks pewarta ini menuturkan jika informasi yang tidak akurat termasuk hoaks terus terjadi dan masyarakat tidak memiliki filter, maka akan sangat berbahaya dalam dinamika politik di Indonesia.

Sebab adanya informasi hoaks yang terus tejadi akan ada efek buruk seperti kepanikan dan kekacauan, memecah belah masyarakat, meningkatkan diskriminasi.

"Dan juga mempengaruhi pengambilan keputusan dalam aktivitas politik," katanya.

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Andy Budiman mengatakan saat ini pengunaan media sosial yang masif menjadi tantangan besar pemerintah dan semua pihak bagi dunia politik di Indonesia.

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid mengatakan peran digital, baik media massa maupun media sosial berpengaruh terhadap informasi politik Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News