Microsoft Mengembangkan Keyboard dengan Akses Emoji

Microsoft Mengembangkan Keyboard dengan Akses Emoji
Ilustrasi logo Microsoft. Foto: Fortune

jpnn.com - Microsoft diam-diam mengembangkan keyboard terbaru yang lebih inovatif, di mana papan ketik ini dapat mengakses emoji melalui aplikasi Office.

Untuk mengoperasikan keyboard tersebut, nantinya pengguna hanya perlu membuka aplikasi Office seperti Word, Excel dan aplikasi Office lainnya agar bisa menggunakan emoji yang ada pada keyboard. Setidaknya, ada 10 aplikasi yang dapat dibuka dengan kombinasi tombol Office yang terintegrasi.

Bersamaan dengan itu, Microsoft juga menghadirkan tombol khusus untuk emoji. Tombol tersebut akan membuka emoji picker di Windows 10.

Sayangnya saat ini pengguna tidak bisa mengonfigurasi tombol tersebut untuk menampilkan emoji yang spesifik atau bahkan membuat pintasan untuk emoji.

Seperti dilaporkan The Verge, Selasa (15/10), bahwa kehadiran tombol emoji pada sebuah keyboard PC bukanlah sesuatu yang biasa terjadi. Microsoft sendiri akan menargetkan perangkat terbarunya itu untuk kalangan bisnis, di mana Office sangat diperlukan dan pengguna emoji semakin populer.

Sayangnya belum diketahui apakah pihak ketiga (vendor aftermarket) akan juga menerapkan konsep serupa. Sebagaimana diketahui, saat ini hampir seluruh keyboard dari pihak ketiga juga hadir dengan tombol Windows.

Microsoft memiliki perjanjian kerja sama yang mengatur penggunaan kombinasi tombol tersebut. Ini bertujuan agar tombol tersebut berfungsi sesuai dengan apa yang diinginkan Microsoft, siapa pun pembuatnya.

Namun Microsoft belum mengumumkan apakah program lisensi yang sama akan dijalankan untuk tombol baru ini.

Microsoft diam-diam mengembangkan keyboard terbaru yang lebih inovatif, di mana papan ketik ini dapat mengakses emoji melalui aplikasi Office.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News