Miliki Peta Rawan Bencana

Khusus Dempo Dibuat Sendiri

Miliki Peta Rawan Bencana
Miliki Peta Rawan Bencana
PALEMBANG – Langkah antisipasi terjadinya bencana sedang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan. Salah satunya dengan membuat peta kerawanan bencana. Yang dipetakan adalah semua jenis bencana alam yang berpotensi terjadi di provinsi kelima terkaya Indonesia ini.

“Mulai dari gempa dan gunung meletus, banjir, angin puting beliung, erosi, tsunami serta kebakaran hutan dan lahan,”ujar Kepala BPBD Sumsel, Yulizar Dinoto SH, seperti dilansir Sumatera Ekspres, Jumat (4/2). Pembuatan peta dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat dan semua jajaran pemerintah maupun pihak terkait tentang tingkat kerawanan tiap daerah.

Termasuk juga daerah-daerah yang rawan terjadi bencana alam di Sumsel. Dengan adanya peta ini, daerah-daerah itu diharapkan dapat diperhatikan lebih khusus. “Peta-peta risiko kerawanan bencana ini dibuat BNPB. Khusus untuk Gunung Dempo kita dari BPBD yang membuatnya,”jelas Yulizar.

Pembuatan peta rawan bencana ini tentu saja melibatkan banyak pihak terkait. Walau belum terlalu mendetail, namun setidaknya daerah-daerah rawan sudah cukup banyak diketahui. “Kita sedang lakukan survey-survei ke lapangan dalam rangka penyempurnaan peta bencana ini,”ucapnya.

PALEMBANG – Langkah antisipasi terjadinya bencana sedang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan. Salah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News