MIND ID Berkomitmen Dorong Implementasi Digitalisasi Industri Pertambangan

MIND ID Berkomitmen Dorong Implementasi Digitalisasi Industri Pertambangan
Holding pertambangan BUMN, Mining Industry Indonesia (Mind ID). Foto dok Mind ID

jpnn.com, JAKARTA - Grup MIND ID terus berkomitmen mengoptimalkan implementasi digitalisasi dalam industri pertambangan.

Saat ini Grup MIND ID melakukan pengembangan aplikasi digital diberbagai proses bisnis, mulai dari pengelolaan limbah, eksplorasi, sistem informasi korporasi, dan sebagainya.

“Digitalisasi Industri Pertambangan telah menjadi salah satu aspek utama yang menjadi perhatian perusahaan. Transformasi operasional secara bertahap menjadi digital dilakukan untuk memberikan nilai tambah di seluruh rantai proses penambangan dan pengolahan mineral," ujar Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso.

Selain itu upaya tersebut juga bertujuan untuk mewujudkan aktivitas operasional yang optimal sekaligus efisien.

Aplikasi digital yang dikembangkan bertujuan untuk memaksimalkan proses bisnis dan kegiatan operasional perusahaan.

Proses yang efisien sejalan dengan komitmen pelaksanaan pilar keberlanjutan MIND ID yakni smart mining serta bentuk komitmen pelaksanaan praktik pertambangan yang baik.

Di bidang eksplorasi pertambangan, saat ini sedang dikembangkan aplikasi bernama Geologging yang mampu mempercepat kalkulasi sampel hasil proses eksplorasi di wiliayah pertambangan.

Aplikasi ini memanfaatkan teknologi machine learning dan Artificial Intelligence (AI) yang dapat meminimalisir kesalahan pencatatan data, meningkatkan proses data collecting dan memaksimalkan aktivitas pengeboran, yang diujicoba di PT ANTAM Tbk.

Saat ini Grup MIND ID melakukan pengembangan aplikasi digital diberbagai proses bisnis, mulai dari pengelolaan limbah, eksplorasi, sistem informasi korporasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News