Minim Even dan Isu Dalam Negeri Gerus Kunjungan Wisman ke Batam

Minim Even dan Isu Dalam Negeri Gerus Kunjungan Wisman ke Batam
Sejumlah turis asal Singapura berlibur ke Batam., Kepulauan Riau. Foto: batampos/jpg

jpnn.com, BATAM - Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) Kepri pada kuartal pertama pada 2017 turun 0,94 persen dibanding kuartal yang sama pada tahun 2016.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri mencatat jika pada 2016 kunjungan wisman berjumlah 475.840 kunjungan sedangkan 2017 ini hanya 471.347 kunjungan. Sumbangsih terbesar pda kuartal pertama ini dari Batam yaitu sebanyak 352.097 kunjungan.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepri Buralimar.

"Sedikit menurun dibanding kuartal pertama tahun sebelumnya, tapi ada harapan kalau dilihat perbandingan tiap bulan ada kenaikan," imbuhnya, Minggu (14/5) siang.

Buralimar mengatakan, keadaan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pertama yakni belum banyaknya event pada awal tahun. Bahkan isu dalam negeri, turut memberi sumbangsih buruk bagi kedatangan wisman.

"Mudah-mudahan April dan Mei naik. Juni mungkin turun lagi karena puasa (Ramadan), maka dari itu Juli dan seterusnya kita gelar beberapa even dan promosi," ucap dia.

Soal even, dia yakin banyak even yang digelar di Kepri, tak hanya pemerintah namun juga swasta.

Untuk diketahui, Kepri tahun ini menargetkan angka rasional kunjungan wisman sebanyak 2,2 juta wisman dari empat pintu masuk wisman di Kepri.

Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) Kepri pada kuartal pertama pada 2017 turun 0,94 persen dibanding kuartal yang sama pada tahun 2016.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News