Minta Maaf atau Putuskan Hubungan Diplomatik

Minta Maaf atau Putuskan Hubungan Diplomatik
Minta Maaf atau Putuskan Hubungan Diplomatik

jpnn.com - JAKARTA - Koalisi Organisasi Masyarakat Sipil Peduli Hankam melakukan aksi unjuk rasa di depan Kedutaan Besar Australia, Kamis (21/11). Sebelum tiba di Kedutaan Besar Australia, koalisi yang terdiri dari PP GM FKPPI, Brigade Merah Putih, Pemuda Panca Marga, Gerakan Pemuda Merah Putih dan ormas lainnya melakukan aksi long march di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta.

Di depan Kedutaan Besar Australia, ratusan massa itu langsung melakukan orasi. Mereka juga mencoret tembok Kedutaan Besar Australia dengan tulisan 'Merah Putih'.

Salah satu koordinator aksi itu, Rahmat Hidayat mengatakan, Indonesia harus memutuskan hubungan diplomatik dengan Australia. "Karena tidak ada untungnya," kata Rahmat di depan Kedutaan Besar Australia, Kuningan, Jakarta, Kamis (21/11).

Sikap pemerintah Australia yang tidak mau meminta maaf terkait penyadapan menunjukan tidak ada itikad baik dari Australia kepada Indonesia. Karena itu, Koalisi  Organisasi Masyarakat Sipil Peduli Hankam meminta pemerintah Australia
untuk menyampaikan permohonan maaf secara resmi kepada Indonesia.

"Jika tidak meminta maaf, maka kami akan usir Duta Besar Australia dan seluruh atase yang berada di Indonesia dengan menurunkan aksi yang lebih besar lagi," ujar Rahmat.

Dalam aksinya, Koalisi Organisasi Masyarakat Sipil Peduli Hankam mengibarkan bendera Merah Putih di salah satu tiang depan Kedutaan Besar Australia. Hal ini merupakan simbol, bahwa Kedutaan Besar Australia masih berada di wilayah Indonesia.

Massa aksi juga mengancam akan menjebol pintu gerbang Kedutaan Besar Australia jika Duta Besar Australia tidak bersedia bertemu dengan pendemo. (gil/jpnn)

 


JAKARTA - Koalisi Organisasi Masyarakat Sipil Peduli Hankam melakukan aksi unjuk rasa di depan Kedutaan Besar Australia, Kamis (21/11). Sebelum tiba


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News