Minta Ormas Tidak Lakukan Sweeping

Polri Mulai Siapkan Operasi Ketupat 2013

Minta Ormas Tidak Lakukan Sweeping
Minta Ormas Tidak Lakukan Sweeping
JAKARTA - Konsep pengamanan kegiatan masyarakat jelang Ramadan dan Idul Fitri mulai dibahas mabes Polri. Seperti tahun-tahun sebelumnya, operasi ketupat bakal berlangsung sejak H-9 hingga H+6 lebaran. Polisi pun bakal menerjunkan dua pertiga kekuatan untuk mengamankan kegiatan masyarakat selama dua even tersebut berlangsung.

   

Karopenmas Mabes Polri Brigjen Boy Rafli Amar menjelaskan, pihaknya baru saja menggelar rapat koordinasi pengamanan Ramadan dan Lebaran 2013 bersama instansi terkait. Di antaranya, Kementerian PU, Perhubungan, Jasa Raharja, Pertamina, TNI, Kementerian Kesehatan, dan beberapa instansi lain. Kegiatan itu dilaksanakan selama dua hari, Yakni Kamis (27/6) dan Jumat (28/6) lalu di Mabes Polri.

Dari sejumlah hal yang dibahas, kasus kecelakaan di jalur mudik masih menjadi primadona. Tahun lalu, tercatat 908 orang terpaksa mudik ke akhirat setelah terlibat kecelakaan selama operasi ketupat berlangsung. Jumlah itu belum termasuk 1.505 orang yang menderita luka berat dan 5.139 orang luka ringan.

Boy mengatakan, tahun ini jalur pantura tetap mendapat prioritas dalam pengamanan jalur mudik. "Namun, bukan berarti jalur lainnya dikesampingkan. Jalur di Sumatera maupun selatan jawa juga mendapat pengamanan ekstra," terangnya. Belum lagi pengamanan jalur laut maupun penyeberangan yang juga bakal diawasi.

JAKARTA - Konsep pengamanan kegiatan masyarakat jelang Ramadan dan Idul Fitri mulai dibahas mabes Polri. Seperti tahun-tahun sebelumnya, operasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News