Minum Kopi Bermanfaat untuk Hati?

Minum Kopi Bermanfaat untuk Hati?
Kopi hitam. Foto: Health

jpnn.com - Laporan dari Coffee and Health mengungkapkan bahwa kandungan kopi bisa mengurangi risiko penyakit hati (penyakit liver) hingga 70 persen.

Institusi ini merupakan organisasi nirlaba yang fokus pada berbagai penelitian mengenai manfaat kesehatan dari kopi.

Hati adalah organ utama dalam tubuh dan terlibat dalam sejumlah proses metabolisme penting, termasuk mengatur kadar gula darah, mencerna nutrisi pada makanan, dan detoksifikasi.

Kabar baik bagi pencinta kopi, risiko menurunnya penyakit ternyata dipengaruhi oleh berapa banyak jumlah kopi yang Anda minum. Menurut laporan tersebut, 3-5 cangkir kopi sehari bisa mengurangi risiko kerusakan hati.

“Penyakit hati adalah silent killer karena sering kali tidak ada gejala sampai akhirnya terlambat,” kata Kepala Eksekutif British Liver Trust, Judi Rhys.

“Kopi adalah sesuatu yang mudah dijangkau oleh semua orang. Kopi dapat membuat perbedaan karena bisa memperlambat perkembangan penyakit hati. Ini adalah pilihan gaya hidup yang mudah dilakukan,´ lanjutnya.

Sementara itu, penelitian yang dilakukan Modi et al, menyebutkan bahwa ada hubungan antara konsumsi kopi harian dengan tingkat beratnya fibrosis hati pada seseorang yang menderita penyakit hati kronis.

Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi 1-2 cangkir kopi dikaitkan dengan menurunnya angka fibrosis hati.

Risiko menurunnya penyakit ternyata dipengaruhi oleh berapa banyak jumlah kopi yang Anda minum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News