Minum Kopi di Dalam Kurungan Burung Raksasa

Minum Kopi di Dalam Kurungan Burung Raksasa
Salah satu sudut Factory 798 di Distrik Chaoyang, Beijing.
Factory 798 atau Dashanzi 798, kawasan seni di Distrik Chaoyang, Beijing, dulu adalah kompleks "underground" seru yang tak banyak diketahui orang. Kini, kawasan itu sudah jadi 798 Art Zone, kawasan trendy untuk "turis kebanyakan." Berikut catatan AZRUL ANANDA, yang baru kembali dari Tiongkok.

KALAU ke Beijing, tempat kunjungan standar adalah Lapangan Tiananmen, Forbidden City (Kota Terlarang), plus tempat belanja barang palsu Silk Street Market (Xiushui) atau Hong Qiao Market. Atau tempat jalan-jalan dan belanja paling ramai, Jalan Wangfujing. Belakangan, kompleks Olimpiade juga menjadi tempat kunjungan seru.

Tapi, kalau ke Beijing, sempatkan berkunjung ke 798 Art Zone di Distrik Chaoyang, sekitar 30 menit naik taksi dari kawasan Tiananmen. Kalau perlu, sempatkan waktu sehari penuh untuk jalan-jalan di sana. Dijamin akan memberi suasana dan pengalaman yang berbeda.

Kawasan seni yang trendy itu memang sudah bukan lagi kawasan "underground," tempat para seniman bisa bekerja dan mengekspresikan diri secara "aman." Sekarang, tempat itu sudah murni menjadi kawasan turis, lengkap dengan fasilitas-fasilitas penunjangnya. Dalam setahun terakhir, luar biasa banyak perubahan yang telah terjadi di kawasan seru ini.

Sebenarnya, saya sudah berkunjung ke 798 Art Zone ini pada pertengahan 2007 lalu. Waktu itu, tempat ini masih sering disebut sebagai Dashanzi 798 atau Factory 798. Maklum, tempat ini dulunya memang penuh dengan pabrik elektronik buatan Jerman Timur. Karena mangkrak, pada akhir 1990-an para seniman mulai mengisinya sebagai tempat untuk bekerja yang "aman dan bebas."

Hebatnya, sampai tahun lalu pun tempat ini tak dikenal secara luas. Sopir-sopir taksi belum tentu tahu tempatnya, bagian informasi di hotel-hotel berbintang pun belum tentu mengetahuinya. Di sana memang tidak ada gapura atau tanda masuk yang jelas, yang menyambut orang ke kawasan seni trendy.

Untuk menuju ke sana, bilang saja mau ke Jalan Jiuxianqiao. Lalu dari situ cari-cari jalan masuk ke kompleks Factory 798.

Factory 798 atau Dashanzi 798, kawasan seni di Distrik Chaoyang, Beijing, dulu adalah kompleks "underground" seru yang tak banyak diketahui

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News