Misbakhun Bela Jokowi dari Kritik soal Pertumbuhan Ekonomi

Misbakhun Bela Jokowi dari Kritik soal Pertumbuhan Ekonomi
Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Golkar M Misbakhun.

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR M Misbakhun membela Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari berbagai kritik soal kekeliruan mengutip data tentang Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi terbaik nomor tiga di dunia.

Menurut Misbakhun, tidak ada yang salah dengan pernyataan Presiden Jokowi soal pernyataan Indonesia memiliki pertumbuhan terbaik setelah India dan China. "Yang disampaikan oleh Presiden Jokowi memang benar, bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah nomor tiga di dunia,” ujar Misbakhun melalui keterangan tertulis ke media, Rabu (3/5).

Pembelaan Misbakhun bukan tanpa argumen. Politikus Golkar itu menegaskan, Jokowi dalam pernyataannya justru membandingkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan negara-negara anggota BRICS yang terdiri dari Brazil, Rusia, India, China dan South Africa.

Misbakhun menjelaskan, BRICS merupakan kelompok negara emerging market. "Faktanya pertumbuhan ekonomi Indonesia memang nomor tiga setelah India dan China," katanya.

Karenanya legislator yang membidangi keuangan dan perbankan itu menegaskan, membandingkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan Laos, Bangladesh, Myanmar, Filipina dan Timor Leste bukanlah hal tepat. Sebab, dari sisi size dan volume juga berbeda jauh. Karakter dan permasalahan ekonominya berbeda.

"Yang pantas sebagai perbandingan adalah negara-negara BRICS yang emerging market sehingga perbandingannya akan lebih sepadan akan memberikan penilaian yang lebih obyektif dan lebih adil,” tuturnya.

Karenanya Misbakhun mengatakan, pernyataan Presiden Jokowi di Hong Kong soal pertumbuhan ekonomi Indonesia di peringkat ketiga di dunia harus dimakna sebagai perbandingan yang adil dan objektif. Jika mau jujur, katanya, mestinya semua pihak bangga dengan posisi Indonesia itu.

"Apalagi pemerintahan Presiden Jokowi saat ini harus menghadapi situasi ekonomi global dan regional yang penuh ketidakpastian,” ucap politikus Golkar itu.

Anggota Komisi XI DPR M Misbakhun membela Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari berbagai kritik soal kekeliruan mengutip data tentang Indonesia sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News