Misteri Hilangnya Lukisan Bung Karno

Misteri Hilangnya Lukisan Bung Karno
Bung Karno pidato di hadapan ribuan rakyat Jakarta, Desember 1949. Foto ini termuat di Hal 231 buku Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia, karya Cindy Adams.

jpnn.com - BEBAS dari penjara Jepang, perempuan Swiss itu mencari B.R. Motik dan meminta lagi lukisannya. Alamak…lukisan itu sudah diserahkan pada Bung Karno. Dan Si Bung teramat sayang pada lukisan itu.

Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network   

Berselang bulan setelah kemerdekaan Indonesia diproklamasikan, pasukan Sekutu sebagai pemenang Perang Dunia 2 masuk Jakarta. 

Karena satu dan lain hal, Ibukota beserta pemerintahan Republik Indonesia yang masih seumur jagung, pindah ke Yogyakarta.

Kediaman Bung Karno di Jl. Pegangsaan, Cikini, Jakarta Pusat (sekarang Tugu Proklamasi), ditempati oleh Sutan Sjahrir selaku Perdana Menteri.

Mana Lukisan Itu?

Suatu hari, dalam sebuah perjamuan sore di Jl. Bonang No 16, Jakarta Pusat, B.R. Motik jumpa lagi dengan perempuan Swiss yang tempo hari menitip lukisan.

Karuan saja perempuan itu menanyakan lukisannya. Dan Motik bergumam, "wah, celaka!"

BEBAS dari penjara Jepang, perempuan Swiss itu mencari B.R. Motik dan meminta lagi lukisannya. Alamak…lukisan itu sudah diserahkan pada Bung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News