'Misteri' Jumlah 68 Anggota Paskibraka yang akan Bertugas di Istana

'Misteri' Jumlah 68 Anggota Paskibraka yang akan Bertugas di Istana
Putra putri terbaik Indonesia calon pengibar bendera pusaka, digembleng di Wisma Soegondo, PP PON, Cibubur, Jakarta. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - PROSES seleksi Pasukan pengibar bendera Pusaka (Paskibraka) sejatinya tak sepanjang yang dibicarakan orang selama ini. Jika sebelumnya disebut butuh waktu sampai setahun, ternyata seleksinya hanya butuh tiga bulan

Seleksi diawali di level kabupaten kota, yang dimulai dari Maret akhir atau awal April, tergantung panitia seleksi provinsi. Setelah satu bulan, yang terbaik di level kabupaten, akan dikirimkan untuk mengikuti seleksi provinsi pada Mei.

"Yang terbaik baru dibawa kirim seleksi nasional pada bulan Juni," ungkap Sudarmo, Ketua Pembina Paskibraka Nasional.

Dari total 136 paskibraka, masing-masing 4 paskibraka dari provinsi, diseleksi sampai hanya hanya terpilih 68. Kenapa 68 saja? Ternyata filosofinya bergantung kepada jumlah povinsi.

"Karena 34 Provinsi, diambil 2 tiap provinsi, sepasang putra-putri. jadi ada 68. Kalau provinsinya nambah, kaya Madura jadi provinsi sendiri ya pasti nambah Paskibrakanya," ucap Menpora Imam Nahrawi, di sela-sela pembukaan diklat Paskibraka 2015, Rabu (29/7) malam.

Paskibraka kali ini diseleksi memang disesuaikan jumlahnya dengan Provinsi. Alasan Kemenpora sebagai penanggung jawab Paskibraka, adalah untuk menunjukkan ke-bhineka tunggal ika-an  Indonesia.

"Semua terpilih mewakili, provinsi-provinsi ini adalah Indonesia. Ini miniatur kesatuan Indonesia," tegas Imam. (dkk/jpnn)

PROSES seleksi Pasukan pengibar bendera Pusaka (Paskibraka) sejatinya tak sepanjang yang dibicarakan orang selama ini. Jika sebelumnya disebut butuh


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News