Misteri Kebohongan Ratna Sarumpaet, Siapa saja Terlibat?

Misteri Kebohongan Ratna Sarumpaet, Siapa saja Terlibat?
Ratna Sarumpaet. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kasus kebohongan Ratna Sarumpaet bakal menyeret banyak pihak. Pasalnya, polisi mendapatkan sinyal adanya tindak pidana yang terorganisasi di balik kebohongan Ratna Sarumpaet. Misteri apakah kebohongan itu memang disengaja dan direncanakan dengan tujuan tertentu diyakini bisa terungkap.

Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menuturkan, dalam kasus itu akan terlihat bagaimana gambaran utuhnya. Ibarat sebuah puzzle, potongan-potongan gambar akan disusun hingga bisa diketahui gambar utuhnya. ”Mungkin ada sebuah gambar yang indah atau justru yang menakutkan,” ungkapnya.

Peran setiap orang dalam kasus tersebut juga akan diteliti berdasar barang bukti yang telah dikumpulkan. ”Dalam hukum, sengaja atau tidak sengaja itu, ancaman hukumannya berbeda. Niat itu penting dalam sebuah kejadian,” papar mantan Wakabaintelkam tersebut.

Dalam kasus Ratna, polisi telah memanggil seorang dokter dan perawat. Keduanya bekerja di rumah sakit kecantikan tempat Ratna dioperasi. ”Mereka diperiksa di Polda Metro Jaya,” jelasnya.

Fakta-fakta lain juga ditemukan di balik kebohongan Ratna. Salah satunya, biaya operasi kecantikan Ratna dibayar dengan rekening yang sama dengan rekening yang digunakan menggalang dana kemanusiaan untuk musibah kapal tenggelam di Danau Toba.

”Seharusnya penggalangan dana masyarakat dilaporkan. Kalau untuk internal itu perlu laporan pertanggungjawaban. Tapi, kalau yang besar, seharusnya ada audit independen,” ujar Setyo.

Namun, saat ini penyidik masih berfokus pada kasus kebohongan atau hoaks. Nanti, setelah kasus hoaks-nya usai dan bila ada bukti yang mengarah ke pidana lain, tentu penyidik menelusurinya.

Sementara itu, hingga Kamis sudah ada lima laporan terkait kebohongan Ratna. Empat laporan di Polda Metro Jaya dan satu laporan di Bareskrim. Salah satu laporan berasal dari Sandiaga Uno yang merasa dirugikan atas kebohongan Ratna.

Kasus kebohongan Ratna Sarumpaet masih menyimpan misteri, apakah memang disengaja dan direncanakan?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News