MK: Pengelola Gedung Wajib Sediakan Tempat Merokok

MK: Pengelola Gedung Wajib Sediakan Tempat Merokok
MK: Pengelola Gedung Wajib Sediakan Tempat Merokok
JAKARTA - Polemik soal ruang merokok di dalam gedung usai sudah. Kemarin, Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan bahwa pengelola gedung wajib menyediakan tempat khusus merokok. Hal ini diputuskan MK saat menguji penjelasan pasal 115 ayat 1 UU Kesehatan. Awalnya penjelasan pasal tersebut berbunyi ’khusus bagi tempat kerja, tempat umum, dan tempat lainnya dapat menyediakan tempat khusus untuk merokok’.

’’Kata ’dapat’ dalam penjelasan pasal 115 ayat (1) UU No 36/2009 tentang Kesehatan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat,’’ kata Ketua MK Mahfud MD dalam sidang di gedung MK, Selasa (17/4).

Dengan dihapusnya kata ’dapat’, maka penjelasan pasal tersebut berbunyi ’khusus bagi tempat kerja, tempat umum, dan tempat lainnya menyediakan tempat khusus untuk merokok’.

MK berpendapat bahwa kata ’dapat’ dalam penjelasan pasal tersebut berimplikasi tiadanya proporsionalitas dalam pengaturan tentang ’tempat khusus merokok’ yang mengakomodasikan antara kepentingan perokok untuk merokok dan kepentingan publik untuk terhindar dari ancaman bahaya terhadap kesehatan dan demi meningkatnya derajat kesehatan.

JAKARTA - Polemik soal ruang merokok di dalam gedung usai sudah. Kemarin, Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan bahwa pengelola gedung wajib menyediakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News