MK Tak Mau Diseret-seret Persoalan KPU

MK Tak Mau Diseret-seret Persoalan KPU
MK Tak Mau Diseret-seret Persoalan KPU
JAKARTA - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan, MK sama sekali tak ada kaitannya dengan polemik penetapan tersangka Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Abdul Hafiz Anshary dalam kasus dugaan pemalsuan data suara hasil pemilu legislatif Halmahera Barat. Menurut Mahfud, urusan itu menjadi persoalan KPU dengan Abdul Sukur MAndar selaku pelapor.

Mahfud menjelaskan, kasus gugatan Abdul Syukur Mandar mulai disidangkan di MK pada 12 Mei 2009. Dan MK, sebut Mahfud, memutuskan menolak gugatan Syukur.

Namun Syukur menuduh KPU telah menggunakan data rekapitulasi palsu sebagai bukti di persidangan MK.  Selanjutnya, pada 4 Juli 2011, Syukur melaporkan Ketua KPU ke Bareskrim Polri dengan tuduhan pemalsuan dokumen negara.

Karenanya Mahfud menegaskan, MK sama sekali tidak ada kaitannya dengan data KPU sebab tugasnya hanya menetapkan pemenang berdasarkan fakta yang ada. "Dengan MK sudah clear. Pak Hafiz (ketua KPU) yang dituduh menggunakan data palsu itu yang berurusan dengan penggugat (Abdul Syukur, red)," kata Mahfud di Jakarta, Kamis (13/10).

JAKARTA - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan, MK sama sekali tak ada kaitannya dengan polemik penetapan tersangka Ketua Komisi Pemilihan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News