MKK 2017 Lahirkan Juara Baru, Cak Imin Lontarkan Candaan...

MKK 2017 Lahirkan Juara Baru, Cak Imin Lontarkan Candaan...
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar memberikan hadiah kepada pemenang MKK 2017. Foto: FPKB

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar bangga dan bersyukur atas suksesnya Musabaqoh Kitab Kuning (MKK) 2017 yang digelar organisasi sayap PKB, DKN Garda Bangsa. Saat pemberian hadiah pada malam final di Jakarta, Sabtu (22/7), Cak Imin, panggilan Muhaimin, melontarkan candaan.

"Saya bangga sekaligus bersyukur karena MKK 2017 ini memunculkan juara baru, salah satunya dari Pekanbaru, tidak selalu dari Jawa apalagi Ponpes Lirboyo yang selalu saja menang," kata Cak Imin disambut tawa peserta.

Cak Imin juga menyampaikan selamat untuk panitia atas kerja keras yang luar biasa. "Selamat kepada pemenang dan khususnya DKN Garda Bangsa, sungguh ini adalah kerja keras yang luar biasa," paparnya.

Senada dengan itu, salah satu Ketua PBNU Aizzudin Abdurahman juga mengapresiasi gelaran MKK 2017 yang digelar PKB. "Event ini sangat positif, saya ucapkan selamat kepada PKB yang memiliki perhatian pada event klasik ini yang tentunya menjadi pondasi dalam pembentukan karakter bangsa," ungkap tokoh muda NU yang akrab disapa Gus Ais itu.

Sementara itu, Ketua DKN Garda Bangsa Cucun Syamsurijal mengatakan gelaran MKK sebagai ajang renegerasi ulama NU dimasa yang akan datang. "Tidak hanya menjadi penerus ulama, tapi juga pemimpin bangsa karena sungguh bangsa ini memerlukan pemimpin yang religius sekaligus nasionalis dan sifat itu jelas di miliki santri karena dua nilai luhur itulah bagian dari isi kitab kuning kontemporer," ujar Cucun yang juga Sekretaris FPKB DPR RI itu.

Panitia MKK 2017 telah mengumumkan pemenang dari beberapa pembacaan kitab yang dilombakan antara lain ihya ulumiddin. Sebuah kitab yang dikarang oleh Imam Al Ghozali. Kitab tersebut menerangkan tasawuf. (adk/jpnn)

Berikut daftar pemenang MKK 2017:
Nadhom alfiyah:
Kategori Putra: Juara 1 M Soleh Mubarak (PP DARUSSALAM BLOKAGUNG) Juara 2 M Syafi'ul Umam (PP. Hidayatul Mubtadiien Lirboyo) Juara 3 Jauharul In'am (PP Darul Afkar, Klaten)
Kategori Putri: Juara 1 Dwi Ambarsari (PP. FADLUL WAHID GROBOGAN),Juara 2 Siti MAFTUHAH (PP Arribatul Islami, Kendal) ,juara 3 Ngaliyatul Marfu'ah (PP Sabilul Hasanah).

Nadham Imrithi:
Kategori Putra: 1. Sahid Fauzi Muharram (PP. Salafiyah Almursidi Tasikmalaya). 2. M Shobari Lubis (PP. Hidayatul Mubtadiien Lirboyo Kediri). 3. Solihan (PP Mambaul Falah Bawean Gresik)
Kategori Putri: 1. Siti Masruro (PP Assalafi Wonosari Pasuruan). 2. Naila Maghfiroh (Alhikmah 2 Brebes). 3. Khusnul Khatimah (Mambaul Ulum Pamekasan).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar bangga dan bersyukur atas suksesnya Musabaqoh Kitab Kuning (MKK) 2017 yang digelar organisasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News