Mobil Pertama Porsche Gagal Dilelang, Diduga Tak Orisinal

Mobil Pertama Porsche Gagal Dilelang, Diduga Tak Orisinal
Porsche Type 64. Foto: Porsche

jpnn.com - Salah satu mobil klasik, Porsche Type 64 ternyata gagal memikat para kolektor dunia di pelelangan di Monterey Car Week 2019.

Masalahnya bukan karena tampilan yang tidak sesuai, tetapi karena harga yang ditawarkan terlampau fantastis. Dari kabar awal bakal dibuka mulai dari angka USD 20 juta atau sekitar Rp 284 miliar, ternyata penyelenggara membuka penawarannya mulai dari USD 30 juta. 

Anehnya lagi, tak lama berselang mobil klasik lansiran Jerman tersebut malah membuka penawaran USD 70 juta atau hampir Rp 1 triliun, lansir carscoops.

Mengetahui kenyataan itu, sontak para peserta lelang protes dan banyak yang mengundurkan diri. Penyelenggara atau perwaklan juru lelang RM Sotheby pun merevisi terkait harga penawaran awal untuk Porsche Type 64, menjadi USD 17 juta bukan USD 70 juta. Sayangnya, para peserta sudah kadung kecewa.

Sebelumnya, Porsche Type 64 sempat menuai kontroversi. Sedan yang sejatinya dibangun oleh Ferdinand Porsche dan menjadi mobil pertama produksi Porsche itu diduga tidak lagi memiliki komponen orisinal.

Beberapa pihak yang sebelumnya memeriksa mobil sebelum dilelang, mereka menyebutkan, sebagian besar komponen Type 64 berasal dari Volkswagen, Fiat dan pemasok lainnya. Artinya, proses restorasinya tidak sepenuhnya asli. (mg9/jpnn)


Salah satu mobil klasik, Porsche Type 64 ternyata gagal memikat para kolektor dunia di pelelangan di Monterey Car Week 2019


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News