JPNN.com

Mobil Terendam Banjir? Jangan Remehkan Komponen Satu Ini

Jumat, 03 Januari 2020 – 23:00 WIB Mobil Terendam Banjir? Jangan Remehkan Komponen Satu Ini - JPNN.com
Banjir di Ciledug Indah, Kota Tangerang, Kamis (2/1). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hujan dengan intensitas tinggi terus mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya, sehingga membuat beberapa titik banjir. Tak hanya rumah, berbagai kendaraan mobil pun ikut terendam banjir.

Bagi pemilik mobil yang terendam banjir ada baiknya Anda mengecek beberapa komponen penting ini. Seperti rem dengan fitur Anti Breaking System (ABS). Sebab, jika perangkat ini tiba-tiba tidak berfungsi tentu akibatnya pada keselamatan berkendara.

Head Service Auto2000 Krida, Rudi Ganefia menjelaskan selain di service pada bagian mesin, pemilik mobil juga harus mengecek kebersihan yang ada di setiap roda seperti speed sensor ABS.

"Jangan lupa bersihin juga yang ada di roda seperti speed sensor soalnya kebanyakan mobil sekarang sudah menggunakan ABS. Jadi speed sensornya harus dibersihin. Kalau misalkan rusak, mau tidak mau harus diganti," kata Rudi melalui pesan singkatnya, Jumat (3/1).

Rudi menjelaskan, kemungkinan besar rem ABS juga akan mengalami kerusakan ketika terkena banjir. Sebab, perangkat tersebut dirancang tidak memang bukan untuk tahan dengan air.

"Kalau sudah terendem air kita harus lihat dulu rusak atau tidak. Bisa saja hanya berkarat di permukaannya. Syukur-syukur bisa dibersihin dan bisa normal kembali. Tapi kalau tidak bisa ya harus diganti," kata Rudi. (mg9/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...