JPNN.com

Mobil Tes PCR untuk Surabaya Diserobot? Ini Penjelasan Gugus Tugas COVID-19 Jatim

Sabtu, 30 Mei 2020 – 14:01 WIB Mobil Tes PCR untuk Surabaya Diserobot? Ini Penjelasan Gugus Tugas COVID-19 Jatim - JPNN.com
Ilustrasi tes virus corona. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, SURABAYA - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Jawa Timur (Jatim) menyampaikan klarifikasi soal mobil laboratorium khusus polymerase chain reaction (PCR) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang kini menjadi polemik.

Koordinator Rumpun Logistik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Jatim Suban Wahyudiono mengatakan, pihaknya pada 11 Mei 2020 mengirim surat permohonan ke pemerintah pusat. Isinya adalah meminta bantuan mobil tes PCR.

"Kami mengirim surat permohonan dukungan percepatan penegakan diagnosis COVID-19 dan di dalam surat kami mengajukan permohonan 15 unit mobil," ujarnya di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (29/5) malam.

Permohonan tersebut berkaitan dengan bantuan mesin RT-PCR sebanyak 15 unit dan permintaan cartridge 3.500 buah bagi rumah sakit yang memiliki kemampuan melakukan tes cepat molekuler (TCM) GeneXpert.

Selain itu, kata Suban, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga sudah menelepon Kepala BNPB Doni Monardo untuk menindaklanjuti surat permohonan tersebut. Sebelum Khofifah menelepon Doni Monardo, Gugus Tugas COVID-19 Jatim telah menggelar rapat koordinasi dengan BNPB, dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota, BBLK, BBTKI, ITD serta 18 rumah sakit.

"Pangdam V/Brawijaya juga berkoordinasi dengan Pak Doni Monardo, termasuk saya mengirim WhatsApp ke beliau," ucap Suban yang juga kepala pelaksana BPBD Jatim tersebut.

Selanjutnya, Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Jatim diarahkan segera melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Deputi Kedaruratan dan Logistik BNPB Dody Ruswandi terkait teknis pengiriman mobil PCR. Pihak Gugus Tugas COVID-19 Jatim pun memperoleh nomor telepon sopir mobil tes PCR beserta krunya.

Pada Rabu (27/5) malam, kata Suban, satu unit mobil PCR sudah dikirim. Isinya dua mesin PCR dan telah disepakati untuk diterima di Rumah Sakit Lapangan di Jalan Indrapura Surabaya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara