Moeldoko dan Gatot Bersaing jadi Pendamping Jokowi?

Moeldoko dan Gatot Bersaing jadi Pendamping Jokowi?
Presiden Jokowi melantik Jenderal (Purn) Moeldoko sebagai Kepala Staf Kepresiden di Istana Negara, Rabu (17/1). Foto: Biro Pers

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ziyad Falahi menilai masuknya Jenderal (Purn) Moeldoko ke dalam lingkaran Istana bukan sebagai langkah mengantisipasi jika nantinya mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo diusung sejumlah partai politik maju menjadi calon presiden atau calon wakil presiden.

Ziyad memprediksi, Moeldoko diangkat sebagai Kepala Staf Kepresidenan (KSP) karena dianggap telah berjasa terhadap Presiden Jokowi dan memiliki kemampuan yang mumpuni.

"Masuknya Moeldoko tidak berkaitan langsung dengan militer, namun beliau dianggap berjasa. Demikian juga dengan Jenderal (Purn) Agum Gumelar yang diangkat menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), saya kira lebih karena sepak terjangnya di dunia eksekutif," ujar Ziyad kepada JPNN, Jumat (19/1).

Direktur Pusat Kajian Survei Opini Publik ini melihat, masuknya Moeldoko di lingkaran kekuasaan justru semakin mewarnai peta pertarungan sejumlah tokoh untuk bersanding dengan Jokowi sebagai calon wakil presiden nantinya.

"Saya kira Gatot belum tentu akan melawan Jokowi di Pilpres 2019. Besar kemungkinan Moeldoko dan Gatot justru akan saling berupaya menunjukkan performance untuk digandeng Jokowi sebagai calon wakil presiden. Tapi untuk Agum sepertinya tidak marketable di Pilpres 2019," ucapnya.

Menurut Ziyad, peluang Gatot dan Moeldoko bersanding dengan Jokowi cukup besar. "Menguatnya isu SARA menunjukkan publik menginginkan kandidat yang mampu mengatasi pertahanan keamanan," pungkas Ziyad. (gir/jpnn)


Masuknya Moeldoko di lingkaran kekuasaan semakin mewarnai peta pertarungan sejumlah tokoh untuk bersanding dengan Jokowi di Pilpres 2019.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News