Moeldoko Tegaskan Pembangunan Infrastruktur IKN segera Dilakukan

Moeldoko Tegaskan Pembangunan Infrastruktur IKN segera Dilakukan
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (tengah) memimpin rapat koordinasi pemantauan pembangunan infrastruktur dan strategi komunikasi IKN bersama kementerian/lembaga terkait dan Otorita IKN, di Jakarta, Jumat (8/4). (ANTARA/HO-Kantor Staf Presiden)

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko mengatakan KSP melalui Kedeputian I sudah melakukan monitoring dan evaluasi, serta koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait untuk mempercepat pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tahap pertama. 

Menurut Moeldoko, dari hasil evaluasi itu maka dalam waktu dekat akan segera dilakukan  pembangunan infrastruktur, seperti jalan baru dan preservasi jalan termasuk akses menuju wilayah IKN. 

Kemudian, pembangunan jalur pasokan air baku, drainase, sarana pengendalian banjir, pembangunan fasilitas perkantoran pemerintahan dan pendukungnya terutama Istana Negara, kantor kementerian koordinator dan K/L, hingga pembangunan sumbu kebangsaan.

Mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia itu menambahkan di sektor lingkungan hidup dan kehutanan, akan dilakukan pelepasan kawasan hutan dan rehabilitasi lubang tambang di kawasan IKN

“Ini titik krusial dalam persiapan pembangunan selain pembangunan persemaian Mentawir,” kata Moeldoko saat memimpin Rapat Koordinasi Pemantauan Pembangunan Infrastruktur dan Strategi Komunikasi IKN di Jakarta, Jumat, sebagaimana siaran pers Kantor Staf Presiden (KSP).

Dia menjelaskan hasil monitoring dan evaluasi KSP bersama K/L itu akan masuk dalam rencana aksi pembangunan IKN tahap pertama, yang akan difinalisasi pada April 2022. Rencana aksi itu, tambahnya, akan diawali dengan penerbitan aturan turunan prioritas UU IKN, yang kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan pembangunan infrastruktur.

“Kami harapkan peraturan turunan UU IKN prioritas sudah dapat terbit, sehingga pelaksanaan pembangunan infrastruktur IKN bisa berjalan dengan basis yang dapat dipertanggungjawabkan,” kata Moeldoko. 

Lebih lanjut Moeldoko menyatakan bahwa pemindahan dan pembangunan IKN Nusantara bukan lagi proyek prioritas, melainkan superprioritas yang membutuhkan kerja luar biasa ekstra dari berbagai instansi.

Moeldoko menegaskan bahwa dalam waktu dekat akan segera dilakukan pembangunan infrastruktur di IKN Nusantara. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News