Mommy, ini 5 Cara Agar Anak Cerdas dan Punya Sifat Welas Asih

Mommy, ini 5 Cara Agar Anak Cerdas dan Punya Sifat Welas Asih
Ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA - Motivator sekaligus konsultan bidang pendidikan dan manajemen keluarga, Melly Kiong, mengatakan pendidikan karakter dalam keluarga sangat penting diterapkan, khususnya untuk anak-anak.

Figur ibu menjadi sosok yang penting dalam pendidikan seorang anak.

“Pendidikan tidak cukup hanya berada di sekolah, pendidikan di rumah juga sangat penting, terutama pendidikan yang diajarkan seorang ibu. Karena menjadi seorang ibu tidak sama memiliki pendidikan seperti pendidikan formal yang biasa didapatkan di sekolah-sekolah,” tutur Melly Kiong di Jakarta, Rabu (28/9).

Melly menuturkan, dalam 'Mindful Parenting' terdapat lima dimensi yang sangat penting.

Pertama, mendengarkan dengan penuh perhatian dan berbicara dengan empati. Kedua, tidak boleh menghakimi. Ketiga, kesadaran mengatur emosi diri.
Keempat, adil dan bijaksana. Kelima, cinta welas asih, kesuksesan bukan prestasi.

"Kelima dimensi tersebut jika dipraktikkan dengan baik kepada anak-anak, mereka akan tumbuh dengan baik dan mampu mendengarkan orang lain," terangnya.

Selain itu, orangtua juga harus melihat sisi anak dengan baik agar mereka bisa melihat orang lain dari sisi baiknya.

“Jangan melihat dari sisi buruknya saja. Sebab dia akan menerapkannya terhadap orang lain. Jika dia melihat orang dari sisi baik, dia dapat diterima juga di lingkungan dan teman-temannya,” ujar Melly sembari menambahkan, salah satu yang paling penting adalah keinginan diri untuk berubah hari ini juga. (esy/jpnn)

JAKARTA - Motivator sekaligus konsultan bidang pendidikan dan manajemen keluarga, Melly Kiong, mengatakan pendidikan karakter dalam keluarga sangat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News