JPNN.com

Mommy Jangan Sepelekan Memberi si Kecil Susu

Rabu, 20 Maret 2019 – 14:13 WIB Mommy Jangan Sepelekan Memberi si Kecil Susu - JPNN.com

jpnn.com - Susu merupakan salah satu nutrisi penting dalam menunjang tumbuh kembang si kecil. Banyak sekali manfaat dari nutrisi yang terkandung dalam susu yang baik untuk tubuh si kecil, misalnya untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak. Dengan pemenuhan nutrisi yang optimal, perkembangan otak si kecil juga akan maksimal.

Perkembangan otak si kecil

Seribu hari pertama kehidupan merupakan masa yang paling penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak si Kecil. Masa ini dimulai sejak si kecil berada dalam kandungan hingga dua tahun pertama kehidupan. Sekitar 80 persen massa otak si kecil terbentuk dalam 1.000 hari pertama kehidupannya.

Agar otak bisa berfungsi dengan baik, tidak hanya dibutuhkan ukuran atau massa otak yang cukup. Dibutuhkan pula adanya serabut-serabut penghubung (sinaps) antara satu sel otak dengan sel otak lainnya. Dengan demikian, otak si Kecil dapat memproses dengan baik segala rangsangan yang diterima, memberikan respons yang sesuai dengan rangsangan yang diterima, serta menyimpan memori.

Susu untuk perkembangan otak si kecil

Susu merupakan salah satu bahan makanan yang sangat penting bagi si Kecil. Susu mengandung berbagai zat yang penting untuk pertumbuhan otaknya. Susu terbaik adalah ASI karena ASI mengandung komponen nutrien yang sangat lengkap untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi dibawah enam bulan.

Setelah enam bulan, diperlukan tambahan makanan berupa MPASI, karena ASI saja sudah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan si Kecil. Jika pada kondisi tertentu Bunda tidak dapat memberikan ASI, berikan susu formula khusus bayi untuk si kecil.

Komponen makronutrien

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...