JPNN.com

Benarkah Susu Kedelai Tidak Ramah Bagi Penderita Asam Urat?

Selasa, 19 Maret 2019 – 04:44 WIB Benarkah Susu Kedelai Tidak Ramah Bagi Penderita Asam Urat? - JPNN.com

jpnn.com - Kadar asam urat seseorang sangat ditentukan oleh pemilihan menu makanan. Ya, penderita asam urat harus selektif memilih menu makanan agar tidak mengerek angka asam urat semakin tinggi.

Lantas bagaimana dengan susu kedelai? Apakah susu hasil olahan kacang kedelai ini dapat memicu kenaikan kadar asam urat?

Asam urat menyerang sendi dan jaringan

Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid dari KlikDokter, asam urat tinggi di dalam tubuh disebut dengan hiperusemia. Ini biasanya menyerang sendi dan jaringan, terutama di kaki dan tangan. Akibatnya, Anda akan cukup sulit beraktivitas ketika diserang asam urat.

"Perlu diketahui, hampir sekitar 70 persen asam urat dihasilkan oleh tubuh secara alamiah. Sisanya, sebesar 30 persen, berasal dari makanan yang mengandung purin," ujar dr. Resthie.

Apa yang dikonsumsi memang cukup berperan besar dalam membuat Anda terkena asam urat. Banyak makanan yang mengandung purin tinggi yang menyebabkan Anda terkena asam urat.

"Purin dapat ditemukan dalam daging dan berbagai tumbuh-tumbuhan, termasuk beberapa jenis sayuran hijau dan kacang. Oleh karena itu, menghindari asam urat sepenuhnya dari makanan sebetulnya sulit untuk dilakukan, karena hampir semua jenis makanan mengandung purin," ungkap dr. Resthie.

Selain makanan, faktor risiko lain yang juga turut memengaruhi kenaikan asam urat adalah kadar asam urat yang sudah di ambang batas. Ketika Anda memiliki kadar asam urat yang di ambang batas, makanan berpurin sedang pun bisa memicu timbulnya nyeri dan bengkak sendi asam urat.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...