Monumen Empat Pilar MPR RI di Bali Diresmikan, Bamsoet Ungkap Sejumlah Harapan

Monumen Empat Pilar MPR RI di Bali Diresmikan, Bamsoet Ungkap Sejumlah Harapan
Ketua MPR Bambang Soesatyo menandatangani prasasti di peresmian Monumen Empat Pilar MPD RI di Taman Agung Proklamasi, Bali, Jumat (29/4). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, DENPASAR - Monumen Empat Pilar MPR RI berdiri kokoh di Taman Agung Proklamasi, Bali.

Ketua MPR Bambang Soesatyo berharap kehadiran monumen tersebut menjadi penyemangat dan penanda vaksinasi ideologi menggunakan vaksin Empat Pilar MPR harus terus digencarkan ke berbagai lapisan masyarakat.

Hal tersebut bertujuan membangun imunitas jati diri dan karakter kebangsaan yang kuat dalam menangkal berbagai ancaman virus ideologi yang dapat memecah belah kemajemukan bangsa dan kedaulatan Indonesia.

"Empat Pilar MPR terdiri dari Pancasila sebagai dasar negara, landasan ideologi, falsafah, etika moral serta alat pemersatu bangsa, UUD 1945 sebagai landasan konstitusional, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai konsensus bentuk kedaulatan negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan pemersatu dalam kemajemukan bangsa," ujar Bamsoet seusai meresmikan Monumen Empat Pilar MPR, Jumat (29/4).

Hadir dalam peresmian tersebut, yakni Ketua Umum Yayasan Mahendradatta Shri I Gusti Ngurah Wira Wedawitry, Rektor Universitas Mahendradatta Ni Ketut Wiratny, dan Ketua Yayasan Kepustakaan Bung Karno Gus Marhaen.

Ketua DPR RI ke-20 ini juga mengapresiasi kiprah Yayasan Kepustakaan Bung Karno di bawah kepemimpinan Gus Marhaen yang mengelola Taman Agung Proklamasi, Museum Agung Bung Karno, dan Museum Agung Pancasila. Seluruhnya berlokasi di Bali.

Menurut Bamsoet, kehadirannya telah merawat barang-barang milik Bung Karno seperti koleksi buku, pidato, tulisan, sepeda, meja hingga ranjang tidur.

"Tidak hanya merawat benda fisik peninggalan Bung Karno, Yayasan Kepustakaan Bung Karno melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakan di Taman Agung Proklamasi, Museum Agung Bung Karno, dan Museum Agung Pancasila juga telah merawat semangat dan cita-cita Bung Karno dalam menjaga kemerdekaan Indonesia," beber eks Ketua Komisi III DPR itu.

Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengungkap sejumlah harapan saat meresmikan Monumen Empat Pilar MPR RI di Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News