Mossad Gelar Operasi di Asia, Borong APD & Obat-obatan Corona

Mossad Gelar Operasi di Asia, Borong APD & Obat-obatan Corona
Pesawat Korean Air memuat kargo berisi APD dan obat-batan untuk penanggulangan virus corona di Israel. Foto: Kementerian Pertahanan Israel

jpnn.com, TEL AVIV - Badan intelijen Israel Mossad menggeber operasinya di kawasan Asia pada masa pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19) ini. Para telik sandi Mossad terus bekerja di luar negeri untuk mencari obat-obatan dan alat pelindung diri (APD) guna penanggulangan COVID-19 di Israel.

Menurut Kementerian Kesehatan Israel, negeri yang beribu kota di Tel Aviv itu mengalami kekurangan 47 jenis obat dan anestesi. Karena itulah Mossad dikerahkan untuk proses pengadaannya demi memenuhi kebutuhan di dalam negeri.

Laman The Jerusalem Post yang menyitat Channel 12 mengabarkan, Mossad telah mengirimkan lebih banyak peralatan penanggulangan virus corona dari mancanegara ke Israel. Peralatan itu mencakup kit polymerase chain reaction (PCR) yang memungkinkan Israel menggenjot jumlah tes COVID-19 bagi warganya.

Dalam operasi di Korea Selatan, Mossad telah sukses mengirimkan ventilator, bahan-bahan pembuatan dan reagen. Adapun dari India, Mossad mengirimkan produk medis dan obat bagi pasien HIV untuk pengobatan eksperimen bagi penderita COVID-19 di Israel.

Pemerintah Israel telah menugaskan Mossad dalam pengadaan peralatan medis dari luar negeri. Demi tugas itu, Direktur Mossad Yossi Cohen memimpin langsung pusat komando khusus yang melibatkan Kementerian Kesehatan dan institusi terkait keamanan nasional.

Sejauh ini, operasi Mossad telah berhasil memborong 10 juta APD di luar negeri, termasuk puluhan ribu masker jenis N95 serta ventilator dalam jumlah besar. Pada Maret lalu, Cohen sukses membawa 100 ribu kit tes COVID-19 dari mancanegara.

Namun, Israel masih kekurangan komponen tertentu sehingga pelaksanaan tes terhambat. Beberapa hari kemudian, Negeri Yahudi itu sukses mengembangkan cairan untuk tes COVID-19.(jpost/ara/jpnn)

Badan intelijen Israel Mossad menggeber operasinya di kawasan Asia pada masa pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19) ini.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News