Motivasi Mahasiswa Pertanian Medan, Mentan: Kalian Penentu Kesejahteraan Bangsa

Motivasi Mahasiswa Pertanian Medan, Mentan: Kalian Penentu Kesejahteraan Bangsa
Mentan Syahrul Limpo memberikan kuliah umum di Polbangtan Medan. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, MEDAN - Menteri Pertanian, Syahril Yasin Limpo (Mentan SYL) menyatakan, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) merupakan pabrik generasi milenial yang harus terus melakukan inovasi.

Menurut dia, hal itu menjadi modal bagi mahasiswa saat terjun ke masyarakat.

"Kalian ini adalah pionir penentu kesejahteraan bangsa ini. Miskin atau tidak masyarakat ada ditangan kamu (mahasiswa,- red)," kata SYL dalam kuliah umum yang mengangkat tema “Regenerasi Petani dan Peran Mahasiswa Politeknik Pertanian Dalam Mewujudkan Pertanian Modern” tersebut, di Medan, Senin (22/3)

SYL mengatakan, Kementerian Pertanian (Kementan) terus berusaha untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang pertanian. Polbangtan, kata dia, menjadi wujud dari upaya nyata sebagai penggerak kemajuan di masyarakat.

"Teruslah belajar karena saat ini kita harus mampu bersaing dengan negara luar. Kita harus mampu bersaing dengan Vietnam, Malaysia, Inggris dan negara-negara Eropa," ujar dia.

SYL mengatakan, pertanian Indonesia sangat terbuka bagi para generasi millenial, karena didukung oleh alam dengan tanah subur.

Masyarakat, kata dia, membutuhkan makan namun kekurangan SDM yang dapat mengelola sektor pertanian. Oleh karena itu, peluang ini harus dimanfaatkan utamanya oleh mahasiswa Polbangtan dan masyarakat.

"Dibanding negara-negara lain, Indonesia memiliki peluang untuk menjadi yang terbaik. Kondisi geografis Indonesia sangat menguntungkan untuk menjadikan Indonesia sebagai negara sejahtera lewat pengembangan pertanian," imbuh SYL.

Menteri Pertanian, Syahril Yasin Limpo (Mentan SYL) menyatakan, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) merupakan pabrik generasi milenial yang harus terus melakukan inovasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News