MotoGP 2018: Apa Salah Marc Marquez?

MotoGP 2018: Apa Salah Marc Marquez?
Valentino Rossi (46) terjatuh, ditinggal Marc Marquez. Foto: Gold and Goose/LAT Images

jpnn.com, TERMAS DE RIO HONDO - Pertikaian lama Marc Marquez dan Valentino Rossi di MotoGP terbuka lagi dengan senggolan Marquez - Rossi di MotoGP Argentina, Senin (9/4) dini hari kemarin.

Kali ini, Marquez yang menyulutnya. Meski pusat perhatian akan tertuju pada Rossi, namun sebenarnya Marquez seperti sedang menebar permusuhan dengan nyaris seluruh pembalap.

Marquez membalap kesetanan setelah race direction menghukumnya dengan drive through penalty. Hukuman itu dijatuhkan lantaran motor sang juara bertahan macet saat akan start. Setelah melakoni penalti tersebut, posisi pembalap 25 tahun terjun bebas dari pimpinan lomba ke urutan 19. Tak mau kehilangan banyak poin Marquez berduel habis-habisan dengan siapa pun.

Korban pertamanya pembalap Aprilia Aleix Espargaro. Diseruduk di tikungan 13 lap 9 Espargaro terpaksa melebar agar tidak terjatuh dari motornya. Insiden itu membuat Marquez kembali dijatuhi penalti kedua, yakni mundur satu posisi. Tapi hukuman tak menyurutkan agresivitas Marquez.

Korban berikutnya adalah Franco Morbidelli (Marc VDS-Honda) dan Takaaki Nakagami (LCR-Honda) yang disalipnya dari sisi dalam tikungan dan bersenggolan.

Puncaknya, ketika berebut posisi enam dengan Valentino Rossi saat balapan hanya menyisakan empat lap. Marquez menyodok jalur balap yang sepertinya milik Rossi dari sisi dalam. Senggolan tak terhindarkan. Tepat di tikungan yang sama (13) saat dia menyerobot Espargaro. Motor Rossi melebar, rodanya menerabas rumput di sisi lintasan yang masih basah dan terjatuh.

Setelah diinvestigasi, pengawas balapan menjatuhkan penalti ketiga kepada Marquez yakni pemotongan 30 detik. Marquez yang seharusnya finis kelima akhirnya mundur ke posisi 18. Nol poin untuk Marquez di GP Argentina. Sementara Rossi finis di posisi 19 akibat insiden tersebut. Juga pulang tanpa poin.

Senggolan Marquez - Rossi di seri kedua MotoGP 2018 mengingatkan kepada peristiwa tiga tahun yang lalu di tempat yang sama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News