MotoGP Argentina 2024 Dibatalkan, Ini Alasannya

MotoGP Argentina 2024 Dibatalkan, Ini Alasannya
Ilustrasi balapan MotoGP. Foto: diambil dari motogp

jpnn.com - Federasi Olahraga Motor Internasional (FIM), Asosiasi Tim Balap Motor Internasional (IRTA), dan penyelenggara MotoGP Dorna Sports mengumumkan pembatalan Grand Prix (GP) Argentina 2024.

“Karena keadaan saat ini di Argentina, promotor acara telah menyampaikan bahwa saat ini mereka tidak dapat menjamin layanan yang diperlukan untuk Grand Prix yang akan berlangsung pada 2024 sesuai standar MotoGP,” tulis pengumuman tersebut.

“Acara ini tidak akan tergantikan pada kalender 2024. MotoGP berharap dapat kembali menggelar balapan di Termas de Rio Hondo pada 2025."

Tidak ada informasi detail terkait alasan dibatalkannya MotoGP Argentina musim ini, yang sebelumnya dijadwalkan pada 5-7 April tersebut.

Namun, rumor terkait pembatalan itu sudah mencuat sejak beberapa waktu terakhir, menyusul dibatalkannya pula final World Superbike (WSBK) 2023 di San Juan Villicium.

Final tersebut sebelumnya dibatalkan, karena tingginya tingkat inflasi di Amerika Selatan yang mencapai lebih dari 200 persen pada tahun lalu.

Inflasi itu pun membuat Argentina sebagai salah satu negara besar di wilayah Amerika Selatan untuk melakukan kebijakan penghematan yang cukup ketat, termasuk mempertimbangkan penyelenggaraan kejuaraan dunia olahraga motor yang menelan biaya yang tidak sedikit.

Sementara itu, para pembalap telah melakoni rangkaian sesi uji coba resmi di Sepang dan Qatar.

FIM, Asosiasi Tim Balap Motor Internasional (IRTA), dan penyelenggara MotoGP Dorna Sports mengumumkan pembatalan Grand Prix Argentina 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News