Senin, 15 Oktober 2018 – 18:39 WIB

MotoGP Prancis: Bukan Rossi atau Vinales, tapi Johann Zarco

Kamis, 17 Mei 2018 – 10:05 WIB
MotoGP Prancis: Bukan Rossi atau Vinales, tapi Johann Zarco - JPNN.COM

jpnn.com, LE MANS - Pembalap Tech 3, Johann Zarco mungkin menjadi satu-satunya harapan Yamaha bisa berkibar dalam MotoGP Prancis di Le Mans akhir pekan ini. Dua Movistar, Valentino Rossi dan Maverick Vinales belum menemukan formula yang pas untuk mengatasi masalah akselerasi.

Tidak ada yang meragukan, termasuk dari pabrikan Yamaha sendiri, bahwa Zarco adalah pembalap tercepat di atas YZR-M1 saat ini. Meski belum memenangi satu pun balapan, rider 27 tahun tersebut sekarang berada di peringkat kedua klasemen sementara tepat di bawah juara bertahan dari Repsol Honda Marc Marquez.

Le Mans adalah sirkuit yang bersejarah bagi Zarco. Pada musim debutnya di MotoGP tahun lalu, juara dunia kali Moto2 tersebut merengkuh podium pertamanya dengan finis kedua. Dengan performa yang lebih solid tahun ini, Zarco berani menarget kemenangan.

''Saya terus berkembang dengan motor (Yamaha) ini. Dan Yamaha selalu tampil bagus di trek (Le Mans) ini. Jadi saya berharap publik di sana bisa mendengar La Marseillaise (lagu kebangsaan Prancis) di podium!'' kata Zarco.

Jika berhasil menang, Zarco akan menjadi pembalap satelit kedua di musim ini yang mampu keluar sebagai kampin. Sebelumnya ada Cal Crutchlow (LCR-Honda) yang menang pada MotoGP Argentina. ''Posisi saya saat ini (kedua di klasemen pembalap) seperti mimpi dan saya ingin menikmatinya terus seperti ini,'' tandasnya.

Pemasok ban MotoGP Michelin baru saja menorehkan rekor kemenangan ke-400 di kelas premium pada MotoGP Spanyol dua pekan lalu. Kini, mereka akan menghadapi balapan kandang di Le Mans, Prancis akhir pekan ini. Berbekal data yang cukup, pabrikan ban asal Prancis itu menarget raihan rekor lap.

Michelin membawa tiga jenis ban depan berprofil simetris. Sementara itu untuk ban belakang memiliki permukaan asimetris, dengan sisi kanan lebih keras. Hujan juga diprediksi bakal turun sepanjang Mei. Karena itu, Michelin juga menyediakan ban basah soft dan medium, termasuk yang asimetris untuk ban belakang. (cak/nur)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar